Banjar Eka Sila Gandeng Level 21 Mall Lakukan Pengelolaan Sampah

Kamis, 26 Januari 2017 | 18:40 WITA

Banjar Eka Sila Gandeng Level 21 Mall Lakukan Pengelolaan Sampah

Kerja sama Banjar Eka Sila dengan Level 21 Mall dalam pengelolaan sampah Jalan Pulau Seram. [ist]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Level 21 Mall sebagai perusahaan swasta yang berkedudukan di jantung kota Denpasar kini turut serta berpartisipasi aktif dalam program clean and green kota Denpasar. Hal tersebut diwujudkan lewat Corporate social responsibility (CSR) dalam bentuk kerja sama pengelolaan sampah di depo sampah Jalan Pulau Seram. 
 
Pengelolaan sampah ini pun dilakukan bersama dengan Banjar setempat dan Dinas Kebersihan Dan Lingkungan Hidup. 
 
Menurut Mall Manager, Zen Zen Guisi Halmis, kerja sama ini dilakukan berdasarkan beberapa tahapan. Pertama, yakni pembangunan depo jalan pulau seram yang semula tidak tertata. Selanjutnya, pihaknya juga meminimalkan tumpukan dan bau sampah melalui penyediaan tenaga pengangkutan sampah outsourcing. Hal ini sebagai bentuk bantuan penambahan frekuensi pembuangan sampah dari Depo ke tempat penampungan sampah akhir yang dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari. 
 
"Langkah kerja sama ini dibuat agar sampah tersebut tidak menumpuk dan ketidaknyamanan warga atas bau sampah di area pulau seram dan juga membantu area jalan pulau seram khususnya dan jalan teuku umar pada umumnya menjadi lebih bersih dan bebas dari sampah ataupun bau sampah," jelasnya. 
 
A.A. Ngurah Manik Jaya Pramarta selaku Kepala Dusun Banjar Eka Sila menyatakan Depo sampah jalan pulau seram di awal tahun 2017 ini sudah semakin tertata dan tersistem untuk pengelolaan sampahnya. 
 
"Dari dulunya tidak ada yang perduli dengan depo ini, sekarang ada yang perduli terutama untuk kuantitas pengangkutan sampahnya. Kalau dulu sampai membludak ke jalan, kalau sekarang ya sudah mulai tertib lah tidak lagi membludak, dan deponya sudah ditata lebih cantik, jadi tidak terlihat kumuh," paparnya. 
 
Dijelaskan, dalam kerja sama ini sistemasi pengangkutan sampah diatur dalam bentuk pengangkutan sampah yang dibantu empat orang petugas DKLH dan tim outsourcing dari level 21 mall. Pengangkutan dimulai pada pukul 03.00 dini hari sampai pukul 06.00 menggunakan alat berat melalui tujuh armada yang tersedia. Dilanjutkan dengan truk yang standby dari pukul 06.00 sampai dengan jam 18.00 WITA dan truk yang standby dari pukul 18.00 WITA sampai pukul 20.00 WITA. 
 
“Rencananya begitu armada pagi habis ambil, truk dari DLHK yang masuk akan diisi penuh, kemudian rangernya kami masukan sini. Ada truk standby yang isinya sekitar 18 kubik. Seharusnya empat truk yang ngambil, namun sekarang dengan adanya ranger bisa satu kali berangkat,” tambahnya. 
 
Dalam kesempatan ini pihaknya juga menyampaikan rasa terima kasih.
 
“Kami sangat berterima kasih dengan adanya tanggapan dan kerjasama dari perusahaan swasta seperti level 21 untuk mengantisipasi permasalahan sampah. Sekarang karena adanya outsourcing yang disediakan level 21 mall tidak lagi menumpuk,” imbuhnya. 
 
Sementara, Banjar Eka Sila yang selaku banjar adat setempat juga turut menindaklanjuti program kerja sama ini dengan melakukan sosialisasi kepada warga setempat. Sosialisasi ini disampaikan melalui sangkep banjar yang rutin diadakan oleh banjar setempat. 
 
A.A. Ngurah Manik Jaya Pramarta selaku Kepala Dusun Banjar Eka Sila juga menyampaikan harapannya terkait pengelolaan sampah di wilayahnya. 
 
“Dengan adanya tim swakelola sampah ini diharapkan juga sudah mulai bisa untuk memilah sampah, mana yang organik dan mana yang non-organik itu mulai dipilah. Dan warga bisa lebih sadar akan pentingnya kebersihan, mulailah dari keluarga kecil dahulu untuk memilah sampah mana sampah yang bisa kita daur ulang, mana sampah yang bisa kita buang. Dan kita ikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal pembuangan sampah ini sehingga tercipta lingkungan kita yang lebih bersih lagi," tutupnya. [rls/wrt]


Kamis, 26 Januari 2017 | 18:40 WITA


TAGS: level 21 mall sampah CSR



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: