Orang Asing Mencurigakan, Laporkan Ke Tim PORA

Sabtu, 28 Januari 2017 | 08:00 WITA

Orang Asing Mencurigakan, Laporkan Ke Tim PORA

Sosialisasi dan Penguatan Tim PORA Provinsi Bali di Ruang Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Jumat (27/1). [ist]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F. Sompie dalam cara Sosialisasi dan Penguatan Tim PORA Provinsi Bali di Ruang Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Jumat (27/1) memaparkan alasan makin meningkatnya potensi masuknya orang asing. 
 
Menurutnya, hal tersebut dikaitkan dengan pergeseran penduduk dunia. Hal tersebut senada dengan penjelasan sejumlah pakar, migrasi penduduk dari sejumlah negara antara lain dipicu persoalan keamanan dan berkurangnya sumber makanan. 
 
"Pergeserannya akan mengarah pada wilayah ekuator yang kaya sumber pangan, salah satunya Indonesia," ujarnya seraya memprediksi bahwa tahun 2020 migrasi penduduk diperkirakan mencapai 60 juta orang. 
 
Maka dari itu, Dirjen Imigrasi melakukan sejumlah langkah antisipasi salah satunya dengan membentuk Tim PORA. Melalui sosialisasi ini, dia berharap dukungan dari seluruh komponen masyarakat agar tim ini mampu melaksanakan tugasnya secara optimal. 
 
"Kami membutuhkan informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber," imbuhnya. 
 
Bahkan, mantan Kapolda Bali ini secara khusus berharap peran aktif para bendesa pakraman dan pecalang untuk mengamankan wilayahnya dari keberadaan orang asing yang berpotensi mengganggu keamanan. 
 
"Jika melihat orang asing berperilaku aneh, segera laporkan ke Tim PORA di tingkat desa untuk selanjutnya disampaikan ke jenjang berikutnya," tandasnya.
 
Pada bagian lain, Ronny F. Sompie juga menepis isu serbuan 10 juta tenaga asing asal Tiongkok ke Indonesia. Berdasarkan data Imigrasi, tahun 2016 tercatat 9 juta orang asing melintas ke Indonesia. 
 
"Kalau kemudian ada isu 10 juta dan itu dikatakan sebagai TKA, itu tak masuk akal," imbuhnya. 
 
Secara nasional, ujar Ronny, hingga saat ini TKA yang terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja tercatat sebanyak 70 ribu orang. [rls/wrt]


Sabtu, 28 Januari 2017 | 08:00 WITA


TAGS: Tim Pora Bali



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: