Denpasar Kota Kompeten

Pemkot Gelar Sertifikasi Driver Pariwisata

Rabu, 01 Februari 2017 | 14:00 WITA

Pemkot Gelar Sertifikasi Driver Pariwisata

Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara bersama sejumlah pimpinan OPD Pemkot Denpasar saat menerima perwakilan LSP-PBI dan United Bali Driver di ruang kerjanya pada Selasa (31/1). [ist]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Sejalan dengan Program Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra menjadikan Kota Denpasar sebagai Kota Kompeten, seluruh tenaga kerja kemudian diwajibkan harus tersertifikasi. 
 
Maka, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Tenaga Kerja gencar melakukan sosialisasi sertitifikasi kompetensi tenaga kerja. Dengan harapan tenaga kerja yang dihasilkan memiliki kualifikasi kinerja yang memuaskan. 
 
“Sertifikasi ini secara umum berguna untuk semakin meningkatkan kinerja serta kualitas para pelaku usaha yang mencari nafkah di Kota Denpasar agar mampu bersaing kedepannya," ujar Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat menerima Lembaga Sertifikasi Pariwisata - Pariwisata Bali Indonesia (LSP-PBI) di ruang kerjanya pada Selasa (31/1). 
 
Lebih lanjut Rai Iswara mengatakan ada beberapa hal yang perlu ditekankan antara lain pendataan peserta sertifikasi yang jelas, baik itu total peserta maupun keseluruhan peserta yang berasal dari Kota Denpasar.
 
Seperti pelaksanaan sertifikasi untuk driver pariwisata, Rai Iswara menyambut baik pelaksanaan sertifikasi tersebut. Terlebih Kota Denpasar menjadi salah satu destinasi pariwisata. Tentunya dengan adanya sertifikasi bagi driver pariwisata akan lebih memberikan rasa aman dan jaminan bagi wisatawan. 
 
“Sertifikasi bagi driver pariwisata sangat penting sekali mengingat mereka ini melayani para wisatawan,” jelasnya. 
 
Manager Sertifikasi Lembaga Sertifikasi Pariwisata – Pariwisata Bali Indonesia (LSP-PBI), Putu Andika Putra Gotama didampingi Sekjen United Bali Driver, Ketut Gede Widanta mengatakan bahwa pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Driver Pariwisata oleh Lembaga Sertifikasi Pariwisata – Pariwisata Bali Indonesia (LSP-PBI) ini semata-mata merupakan tindak lanjut dari deklarasi program Denpasar Kota Kompeten. 
 
“Kami telah menyiapkan semua mulai dari skema pembentukan asesor dari United Bali Driver, Pra Assessment, Proses Assessment, tes tulis, tes lisan, observasi serta demonstrasi untuk sertifikasi tersebut,” ujarnya. 
 
Sementara, saat ini jumlah anggota United Bali Driver sebanyak 431 orang. Sedangkan asesor yang melakukan uji sertifikasi sebanyak empat orang. Untuk uji sertifikasi tahap pertama akan dilakukan untuk 40 orang driver dan sisanya akan dilaksanakan secara bertahap. [rls/esa/wrt]


Rabu, 01 Februari 2017 | 14:00 WITA


TAGS: Sertifikasi Driver Denpasar:pariwisata



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1597