Pastika Tertarik dengan Pendidikan Berbasis Hindu Universitas Maharishi

Sabtu, 04 Februari 2017 | 09:00 WITA

 Pastika Tertarik dengan Pendidikan Berbasis Hindu  Universitas Maharishi

Gubernur Bali Made Mangku Pastika [source: ist]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Konsep pendidikan berbasis hindu yang saat ini diterapkan Universitas Maharishi Amerika Serikat menyita perhatian Gubernur Bali Made Mangku Pastika. Menurutnya pola tersebut sangat sejalan dengan apa yang diimpikan dan sedang diusahakan oleh masyarakat Bali yang mayoritas beragama Hindu. 
 
Pastika meyakini, penerapan konsep Hindu dalam sistem pendidikan mampu mewujudkan dunia pendidikan yang lebih baik dan lebih damai. Hal ini diungkapkan Pastika dalam sambutannya pada Konferensi Internasional Pendidikan Untuk Perdamaian di Gedung Wiswasabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Jumat (3/2). 
 
“Kita mendambakan cara hidup yang berdasarkan Hindu, karena kita percaya hal tersebut akan membawa vibrasi perdamaian ke seluruh dunia," ujar Pastika. 
 
Lebih jauh, Pastika menerangkan bahwa perdamaian berawal dari diri sendiri. Tidak mungkin ada perdamaian bila manusia tidak bisa mengendalikan sifat-sifat buruk seperti sad ripu dan sapta timira.
 
Menurutnya pola pikir manusia sangat ditentukan oleh pola pendidikan. Oleh karenanya, Ia meminta para peserta konferensi yang berasal dari kalangan pendidikan untuk mendengarkan konsep pendidikan model Hindu yang dikembangkan Universitas Maharishi. 
 
“Meskipun tidak harus serta merta menerima, karena masing-masing pendidik memiliki cara terbaik sesuai dengan kemampuan anak didiknya,” imbuhnya.
 
Pastika berharap, penerapan konsep Hindu mampu mendorong pendidikan di Bali bisa berkembang jauh lebih baik lagi, mengingat potensi yang dimiliki Bali hanyalah manusia, budaya, kepercayaan, dan alam. [rls/wrt]


Sabtu, 04 Februari 2017 | 09:00 WITA


TAGS: Hindu Pendidikan Universitas Maharishi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: