Denpasar Dorong Seni Budaya Jadi Kekuatan Ekonomi

Senin, 06 Februari 2017 | 07:00 WITA

Denpasar Dorong Seni Budaya Jadi Kekuatan Ekonomi

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Pemerintah RI getol membawa seni budaya menjadi kekuatan ekonomi. Hal tersebut sejalan pula dengan program walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota I GN Jaya Negara. 
 
Menurut seorang budayawan, I Wayan Geriya saat ditemui Minggu (5/2) di Denpasar, hal tersebut dapat dilihat dari visi dan misi Padmaksara yakni delapan langkah baru membangun Denpasar meliputi tata kelola kepemerintahan yang baik, memperkuat kelembagaan pelatihan SDM, penegakan supremasi hukum, menguatkan jati diri masyarakat berdasarkan kebudayaan Bali, mengupayakan potensi pemerintah Kota Denpasar guna memberdayakan masyarakat berlandaskan kearifan lokal menuju Heritage City, meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju kebahagiaan, membangun partisipasi masyarakat sebagai agen perubahan serta mengembangkan ekonomi kreatif. 
 
Dari program tersebut, menurut Geriya sangat sesuai dengan program nasional, yakni berfokus kepada budaya, berfokus pada ekonomi kreatif, dan berfokus kepada kota cerdas. 
 
Lebih lanjut, Ia menjelaskan dalam tataran ekonomi kreatif, terdapat 16 kelompok yang menjadi keunggulan budaya Denpasar. Seperti misalnya seni pertunjukan, kerajinan bahkan sampai piranti lunak komputer,serta game yang berakar dari seni budaya lokal Denpasar. Disamping itu, saat ini di Denpasar juga telah berkembang Kota Kreatif, Kota Pusaka, dan Kota Cerdas. 
 
Dalam tataran Kota Pusaka, Denpasar juga memiliki memiliki warisan budaya dunia seperti keris, wayang, sistem subak, dan sembilan seni tari wali dan bebalihan ada di Denpasar. 
 
"Ini sangat macth sekali program nasional dan apa yang diaplikasikan Walikota Rai Mantra di Kota Denpasar," ujar Geriya. [rls/pur/wrt]


Senin, 06 Februari 2017 | 07:00 WITA


TAGS: Denpasar seni budaya Kekuatan Ekonomi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: