Arya DP, Pebalap Muda Asal Bali Tekuni Motocross Sejak SMP

Jumat, 24 Februari 2017 | 15:00 WITA

Arya DP, Pebalap Muda Asal Bali Tekuni Motocross Sejak SMP

Komang Arya Dharma Putra (16), pebalap motocross dan grasstrack asal Bali menjuarai kejuaraan Nasional FFA Open di Banyuwangi . [ist]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Denpasar. Sejak duduk di bangku SMP kelas II, Komang Arya Dharma Putra (16) sudah berkiprah di dunia balapan motor. Bahkan, kini dia bersiap turun di delapan kelas seperti bebek yunior. 
 
Remaja yang akrab disapa Arya DP memang sudah membulatkan tekad menekuni motocross dan grasstrack. Impiannya, ingin menjadi pebalap nasional dan menggairahkan olahraga pacu andrenalin ini agar semakin populer di Bali. Pun, dirinya pun mengakui, kesukaannya pada tantangan jadi alasan tersendiri bagi putra bungsu Ketua Umum Pemuda Bali Bersatu (PBB) Komang Gede Juliantara alias Mangde untuk bermain grasstrack. 
 
Kendati tergolong olahraga keras dan penuh risiko namun siswa kelas I SMA 8 Denpasar ini, tidak menyurutkan langkahnya menekuni motocross dan grasstrack. Sekalipun beberapa kali jatuh dan mengalami luka serius tidak membuatnya kapok terus mengikuti berbagai kejuaraan.
 
"Ya, saya suka tantangan dan itu saya dapatkan di motocross dan grasstrack," kata dia ditemui di rumahnya Jalan Nangka Utara Denpasar, Kamis (23/2). Meski relatif sangat muda, namun pengalaman jam terbang cukup panjang olah raga keras ini, telah dilakoninya.
 
 
Beberapa kejuaraan lokal dan nasional motocross dan gresstrack diikutinya sejak di bangku SMP hingga sekarang. Pebalap yang selalu memakai dengan nomor punggung 788 itu, telah mengikuti berbagai turnamen seperti di kelas pemula, junior, sport FAA open yang digelar di sejumlah daerah seperti di Lombok, Buleleng dan Banyuwangi Jawa Timur.
 
"Saya pernah juara nasional pertama FFA Open di Banyuwangi menggunakan motor ninja sport," tuturnya. 
 
Kini, Arya DP tengah bersiap mengikuti sejumlah event motocross dan grasstrack sepanjang tahun 2017 yakni empat seri kejurnas I di Nusa Tenggara Barat, Seri 2 di Bali, Seri 3 di Nusa Tenggara Timur, dan Seri keempat di NTB. Kini, Ia bersiap turun di delapan kelas seperti bebek yunior, bebek modif yunior dalam kejuaraan nasional Motocross dan Grasstrack Bali Nusra yang akan digelar ormas PBB menyambut ulang tahunnya ke 15 bulan Juni mendatang.
 
Ditengah euphorianya pada motocross dan gresstrack, tak diimbangi dengan fasilitas yang mumpuni. Arya mengamini fasilitas latihan seperti sirkuit di Bali belum mendukung olahraga tersebut. Walau demikian, pihaknya mengakui tidak mau menyerah dengan minimnya sirkuit latihan. Dia bahkan tetap berlatih maksimal dan mengikuti berbagai kejuaraan.
 
 
Tekad penggemar pebalap dunia James Stewart ini sudah bulat. Kelak ingin mengukir prestasi di pentas nasional bahkan dunia sebagai pebalap nasional asal Bali. Beruntung, minat dan hobi Arya DP ini mendapat dukungan penuh dari orang tuanya. 
 
Menurut Sang Ayah, setelah melihat tekad besar sang putra di olah raga Motocross dan Grasstrack, dirinya siap mendukung sepenuhnya. Tak heran, Mangde turut mendampingi anak bungsunya itu mengikuti berbagai kejuaraan di daerah maupun luar Bali.
 
"Ya, kami berharap pemerintah daerah supaya bisa memikirkan untuk kembali membangun sirkuit, saya kira cukup banyak lahan di Denpasar dan daerah lainnya yang bisa dioptimalkan menjadi sirkut motocross dan grasstrack," tandas pria berbadan gempal ini.
 
 
Menurutnya, dengan olahraga ini, nantinya bisa menjadi ajang penyaluran bakat dan minat anak-anak muda secara positif. 
 
"Kami tengah bersiap menggelar kejurnas Motocross dan Grasstrack melihat animo masyarakat utamanya anak muda cukup tinggi," demikian Mangde didampingi Sekretaris Umum PBB Putu Mahardika. [bbn/kn/wrt]


Jumat, 24 Februari 2017 | 15:00 WITA


TAGS: motorcross grasstrack Bali




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1211