12 Fitur Tersembunyi yang Ada pada WhatsApp

Senin, 27 Februari 2017 | 19:00 WITA

12 Fitur Tersembunyi yang Ada pada WhatsApp

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Jakarta. Layanan pesan singkat WhatsApp merilis segudang fitur baru dan menarik di awal 2017 ini. Namun, ada pula fitur tersembunyi yang banyak pengguna tidak menyadarinya.
 
Terlebih jika Anda termasuk pengguna baru aplikasi. Mengutip BusinessInsider, berikut 12 fitur tersembunyi WhatsApp yang bisa untuk memudahkan percakapan Anda.
 
1. Menghentikan unduhan foto dan video secara otomatis
 
Sebuah grup chat kerap menjadi ajang berbagi foto dan video, yang seringnya, tidak kita butuhkan. Pada setelan default, Anda akan menyimpan semua file media yang dibagikan di WhatsApp, baik melalui jalur pribadi atau jalur grup. Namun hal itu bisa diatur. 
 
 
 
2. Gunakan WhatsApp di komputer Anda
 
 
Klik tautan ini untuk mengunduh WhatsApp untuk komputer Anda dan ikuti petunjuk install. Anda harus memindai barcode dari aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda untuk mengatur itu. Hal ini cukup sederhana. Dalam aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, masuk ke Settings> WhatsApp Web/ Desktop dan pindai barcode pada aplikasi desktop.
 
3. Mute percakapan grup
 
 
Mute sangat bermanfaat untuk membungkam bunyi notifikasi pesan masuk dari seorang teman atau percakapan grup yang menggangu. Untuk me-mute, pengguna Android bisa menekan chat agak lama, lalu ketuk ikon speaker silang di bagian atas layar. Sementara pengguna iPhone harus membuka percakapan, kemudian menekan nama kontak atau kelompok di bagian atas layar diikuti dengan memilih opsi Mute. Selain cara di atas, WhatsApp juga menyediakan pilihan untuk menonaktifkan notifikasi chatting selama jangka waktu tertentu, mulai dari 8 jam sampai dengan 1 tahun.
 
4. Balas langsung ke pesan
 
 
5. Berbagi dan mengirim foto, video, atau GIF
 
 
Ini merupakan fitur terbaru dari WhatsApp dengan menambahkan 'My Status' untuk pertama kalinya mirip dengan Instagram Stories. Setelah Anda membuat status (foto / video) itu akan memberi Anda pilihan untuk memilih siapa Anda ingin mengirimkannya ke melalui pop up. Pilih 'Pengaturan Privasi' pada pop up dan dari sana pilih yang kontak yang bisa melihat status Anda.
 
6. Matikan tanda terima telah dibaca
 
 
Buka Pengaturan> Account> Privacy> matikan Baca Penerimaan. Jika Anda menonaktifkan 'last seen' orang masih akan dapat melihat saat Anda telah membaca pesan mereka (melalui centang biru ganda), tetapi bila Anda tak ingin lawan bicara mengetahui status pesan sudah dibaca atau belum, Anda bisa mengubahnya.
 
7. Beralih nomor dengan mudah.
 
 
Layanan WhatsApp ini terkait dengan nomor pertama yang Anda masukkan dan verifikasi. 'Jumlah' ini kemudian akan mengikuti Anda ke ponsel Anda berikutnya, bahkan jika Anda memiliki nomor baru. Jika Anda mendapatkan nomor baru, Anda dapat mengubah nomor WhatsApp Anda cukup mudah dengan membuka Settings> Account> Ganti Nomor dan mengikuti langkah-langkah dari sana.
 
8. Back up chatting WhatsApp dan media.
 
 
Anda bisa membuat cadangan data percakapan sehingga saat berganti ponsel, semua percakapan lawas bisa dipulihkan kembali. Caranya pun mudah. Buka Pengaturan> Obrolan> Obrolan backup. Selanjutnya Pada menu pengaturan atau Setting, carilah tab bertuliskan Chat dan Chat Backup. Di dalamnya berisi pengaturan untuk menyimpan cadangan data percapakan ke dalam Google Drive.
 
9. Gunakan format miring, tebal, dan coret.
 
 
Untuk menebalkan teks di WhatsApp, gunakan tanda bintang (*tebal*); lalu untuk memiringkan huruf teks menggunakan garis bawah (_miring_); serta mencoret teks dengan tilde (~coret~).
 
10. Melakukan panggilan video call
 
 
Untuk memulai panggilan video, pilih kontak yang diinginkan dari daftar kontak yang dimiliki. Setelah itu, di layar percakapan dengan kontak, akan ditampilkan menu untuk melakukan video call atau voice call di pojok kanan atas.
 
11. Broadcast message
 
 
Jalankan aplikasi WhatsApp seperti biasa lalu tap room 'Chats', kemudian pilih tanda titik tiga di atas kanan lalu pilih menu 'New broadcast'. Selanjutnya Anda tinggal memilih kontak yang ingin Anda Broadcast.
 
12. Hentikan semua pemberitahuan WhatsApp
 


Senin, 27 Februari 2017 | 19:00 WITA


TAGS: WhatsApp fitur



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: