Modus Tukarkan Uang, Perusahaan Money Changer Ditipu Ratusan Ribu Dollar

Senin, 13 Maret 2017 | 14:00 WITA

Modus Tukarkan Uang, Perusahaan Money Changer Ditipu Ratusan Ribu Dollar

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Denpasar. Seorang pengusaha asal China, Hendro Liong (60), tengah diburu polisi karena melarikan uang money changer milik PT. Sumandinar Valuta yang berkantor di Sanur, sebesar $100.000 USD atau kisaran Rp 1 miliar. 
 
Kasus penipuan ini terbilang mulus dan pelaku hingga kini masih dalam pengejaran aparat kepolisian Polsek Denpasar Barat. Peristiwa perampokan ini terjadi, Jumat (10/3) setelah pelaku Hendro Liong menghubungi via telepon PT. Sumandinar Valuta yang berkantor di seputaran Sanur. 
 
Pelaku sebelumnya berpura-pura akan menukarkan uang $140.000 AUD dengan $100 ribu USD dan menyuruh karyawan perusahaan mengantarnya ke CV. Agung Jaya Mandiri di Jalan Gatot Subroto Denpasar.  
 
“Perusahaan CV Agung Jaya Mandiri adalah milik teman pelaku,” ungkap sumber dilapangan, Minggu (12/3) kemarin. 
 
Pelaku Hendro Liong mengaku tidak bisa datang ke PT Sumandinar Valuta dengan alasan keamanan. Pasalnya, uang yang ditukarkan nominalnya besar dan rawan aksi perampokan. Terlanjur percaya karena merupakan rekan bisnis, pihak PT Sumandinar Valuta kemudian menugaskan salah seorang karyawan, Ni Made Suwitri (42) tinggal di Jalan Hayam Wuruk Denpasar untuk membawa uang penukaran sebesar $100.000 USD ke CV. Agung Jaya Mandiri, sesuai petunjuk pelaku. 
 
Karyawan tersebut tiba di CV. Agung Jaya Mandiri sekitar pukul 13.00 Wita dan bertemu dengan Hendro Liong disebuah ruangan kerja. Setelah dilakukan penghitungan uang dan berbincang-bincang, pelaku meminta uang dollar tersebut dan beralasan akan menyimpannya di brankas. Pelaku juga beralasan akan mengambil uang penukaran sebesar $140.000 AUD. 
 
Tanpa rasa curiga, karyawan menunggu dan berdiam di ruangan kerja tersebut. Tak disangka, ternyata pelaku asal China itu  menyekap karyawan dengan mengunci pintu kantor dari luar. 
 
“Setelah mengunci pintu dari luar, pelaku melarikan uang penukaran sebesar $100.000 USD atau sekitar Rp 1 milar,” imbuhnya. 
 
Sadar ditipu, karyawan kemudian menghubungi perusahaannya untuk datang ke CV Agung Ajay Mandiri dan kemudian melaporkannya ke polisi. 
 
Kasus penipuan yang dialami PT. Sumandinar Valuta dilaporkan ke Polsek Denbar, sekitar pukul 17.00 WITA, atau empat jam pasca kejadian. Sementara Kapolsek Denbar Kompol Wisnu Wardana, yang dihubungi siang kemarin mengatakan masih memburu pelaku. 
 
“Masih lidik. Dalam kasus ini yang menjadi korban adalah PT. Sumandinar Valuta. Mudah-mudahan pelaku secepatnya ditangkap,” tegas mantan Kasat Reskrim Polres Badung ini. [spy/wrt]


Senin, 13 Maret 2017 | 14:00 WITA


TAGS: penipuan money changer denpasar bali berita bali




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1215