Ormas PBB Klungkung Gelar Aksi Donor Darah

Senin, 20 Maret 2017 | 06:00 WITA

Ormas PBB Klungkung Gelar Aksi Donor Darah

Ormas PBB Klungkung gelar aksi donor darah, Minggu (19/3). [ist]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Klungkung. Jajaran organisasi masyarakat (ormas) Pemuda Bali Bersatu (PBB) Kabupaten Klungkung, mendonorkan darah mereka untuk membantu sesama yang membutuhkan. Aksi sosial donor darah dipusatkan di Palang Merah Indonesia, PMI, RSUD Klungkung, Minggu (19/3). 
 
Kegiatan yang berlangsung sejak pukul sembilan pagi tersebut, mendapat animo puluhan anggota salah satu ormas terbesar di Pulau Dewata ini.  
 
Secara sukarela, satu persatu anggota ormas PBB Klungkung ini menjalani tes dan kemudian diambil sekantung darah mereka untuk kemudian diberikan kepada sesama yang membutuhkan.  
 
Ketua Penasehat PBB Kabupaten Klungkung, Ketut Sweden mengatakan aksi donor darah ini rutin dilaksanakan oleh ormas PBB sebagai salah satu bentuk aksi sosial yang dijalankan sebagai masyarakat Bali untuk ikut menjaga sesamanya. 
 
Selain aksi ini, Sweden juga mengaku ikut andil semua kegiatan yang sifatnya sosial tidak saja di Kabupaten Klungkung melainkan Bali pada umumnya. 
 
“Saat bencana Songan kami juga turun ikut melakukan aksi bersih-bersih, di Pura teratai Bang di Tabanan juga kami melakukan aksi social untuk membantu keluarga kita yang sedang kesusahan,” papat Sweden.
 
Dibidang olahraga, juga pihaknya terus memacu semangat keolahragaan dengan menggelar sejumlah pentandingan. Pada Bulan April nanti juga ada kegiatan khusus olahraga yang dibuat PBB Klungkung dalam rangka hari ulang tahun PBB ke ke-15 pada 1 Juni 2017.
 
Hal senada dilakatakan Ketua PBB Klungkung I Komang Suantara alias Otal. Menurutnya kegiatan positif yang dilakukan ormas PBB Klungkung selain sebagai instruksi dari pusat juga memang kegiatan sosial untuk membantu sesama. 
 
“Donor darah ini misalnya, satu tetes darah sangat berharga bagi mereka yang membutuhkan, dan jika dibutuhkan lagi kami siap berdonor,” katanya. 
 
Selain itu, donor darah ini banyak juga diikuti oleh anggota yang baru pertama kali ikut berdonor, atas dasar kemauan dan rasa tanggung jawab sebagai anggota ormas untuk menghilangkan stigma negatif di masyarakat.  
 
Selanjutnya, semua darah yang berhasil dikumpulkan nantinya diharapkan bisa membantu umat yang membutuhkan darah.
 
Disebutkan pula, PBB Klungkung juga menjadi bagian dari perdamaian yang digagas Kapolres dan mengikuti setiap kegiatan keolahragaan yang memang menjadi salah satu kegiatan penting ormas PBB Bali. 
 
“Kami berharap, sesuai paradigma baru yang dibangun PBB yang berdiri sejak 1 Juni 2002, sebagai ormas modern ingin menampilkan citra positif lewat aksi-aksi nyata, menyentuh langsung terhadap apa yang dibutuhkan masyarakat di bawah,” papar Otal yang juga anggota DPRD Klungkung ini.
 
Salah satu Anggota ormas PBB Klungkung perempuan, Eka Sartika menyatakan selama ikut di ormas ini dia sudah menyumbangkan tiga kantung darahnya. 
 
“Mudah-mudahan ini berguna, dimana awalnya saya takut tapi setelah diajak oleh PBB akhirnya bisa dan berani berkat dorongan teman-teman semua,” ujarnya. 
 
Sementara Dokter Komang Parwata selaku Kepala UTD PMI Kabupaten Klungkung mengatakan selama ini stok darah di Kabupaten Klungkung sudah tercukupi. 
 
“Bantuan ormas-ormas ini sangat mendukung adanya darah di Klungkung, utamanya untuk stok Rumah Sakit dan Puskemas,” sebutnya. 
 
Bahkan, PMI Klungkung kerap menyumbang darah ke daerah lain, seperti Bangli, Karangasem dan lainnya. 
 
“Ternyata darah AB banyak ada di ormas-ormas ini sehingga kami sangat terbantu,” tandasnya. [rls/wrt]


Senin, 20 Maret 2017 | 06:00 WITA


TAGS: donor darah ormas PBB Klungkung Bali Berita Balu




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1215