9 Tempat Belanja Oleh-Oleh Favorit Wisatawan di Pulau Bali

Sabtu, 01 April 2017 | 09:14 WITA

9 Tempat Belanja Oleh-Oleh Favorit Wisatawan di Pulau Bali

bbn/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Denpasar. Bagi Anda yang berlibur ke Bali, kurang lengkap rasanya bila tidak berbelanja oleh-oleh khas Bali. Apalagi Pulau Bali terkenal dengan pernak-perniknya yang khas, cinderamata buatan tangan yang unik, juga patung dan lukisan yang kaya seni. 
 
Ada banyak tempat belanja oleh-oleh dengan harga terjangkau di Pulau Bali. Tidak hanya harganya yang terjangkau, tapi tempat-tempat belanja oleh-oleh ini juga sudah dikenal oleh para wisatawan.  
 
Berikut 9 tempat belanja oleh-oleh favorit yang paling sering dikunjungi para wisatawan saat berlibur ke Pulau Bali.
 
1. Galuh Art Shop
 
Galuh bisa dikatakan sebagai perintis atau pelopor toko oleh-oleh modern di Bali. Tahun 1976 merupakan sejarah berdirinya perusahaan tenun dan batik Bali Cap Galuh, yang berlokasi di Desa Batubulan, Gianyar, Bali. 
 
Galuh didirikan oleh salah satu seniman yang juga pengrajin di Bali, sekaligus pemilik dari Galuh, yaitu Pande Ketut Krisna. Beliaulah pencipta Baju Barong Bali yang sampai sekarang masih menjadi maskot produk Bali dan salah satu oleh-oleh favorit dari Bali. 
 
Beng adalah nama sebuah desa tempat kelahiran Pande Ketut Krisna dan menjadi pusat ratusan pengerajin untuk mengerjakan semua produk-produk yang ada di artshop Galuh.
 
Tahun 80-an Pande Ketut Krisna dan rekan-rekan mulai mengembangkan produk Bali, sampai produk-produk tersebut laku keras di pasar domestik maupun internasional.
 
Tahun 2000-an produk Galuh mulai ditiru di pasaran dengan kualitas yang tentu tidak sama dengan yang dihasilkan Galuh. Sampai saat ini Galuh masih bisa menampung ratusan tenega kerja atau pengerajin di desa Beng. 
 
2. Pasar Seni Sukawati
 
Terletak di Jalan Raya Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Pasar Seni Sukawati adalah pasar seni terbesar di Bali yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Pasar ini memang sangat tersohor di kalangan wisatawan baik domestik atau mancanegara karena menjual aneka barang kerajinan khas Bali dengan harga termurah.
 
3. Pasar Seni Ubud
 
Anda tahu pasar yang menjadi lokasi syuting film Eat, Pray, Love yang dibintangi aktris Hollywood Julia Roberts? Jika anda sudah menonton filmnya tentu anda tahu jawabannya adalah Pasar Seni Ubud. Berlokasi strategis di depan Puri Agung Saren, tepatnya di persimpangan Jalan Monkey Forest, pasar seni ini memikat wisatawan dengan barang-barangnya yang berkualitas dan harga yang relatif murah.
 
 
4. Erlangga
 
Beralamatkan di Jalan Nusa Kambangan Denpasar, toko ini memiliki dua cabang, yang masing-masing terpisah jarak kurang lebih 800 meter. Namun bila anda membawa rombongan besar, Erlangga 2 lebih direkomendasikan karena lahan parkirnya lebih luas dan produk yang dijual pun lebih banyak.
 
 
5. Krisna
 
Memiliki beberapa cabang yang berlokasi masing-masing di Jalan Nusa Kambangan, Jalan Sunset Road dan Jalan Raya Tuban dekat patung Kuda. Toko oleh-oleh ini berdiri sejak tahun 2007.
 
Berbagai jenis oleh-oleh dapat anda temukan di Krisna, mulai dari topi khas Bali, gantungan kunci, udeng, baju, cemilan hingga lukisan. Bermacam kain Bali pun tersedia di sini, juga ada berbagai mainan anak-anak tradisional dan aksesoris. 
 
6.Pasar Seni Kuta
 
Pasar ini adalah tempat favorit untuk membeli berbagai suvenir dan cinderamata khas Bali dengan harga yang bisa ditawar. Berdiri sejak tahun 1965, kurang lebih ada 250 kios di tempat ini yang saling berhadapan sehingga membentuk lorong panjang dengan lebar satu setengah meter. Selain turis lokal, kebanyakan konsumen di sini adalah turis asing yang tengah berlibur ke Bali.
 
7. Pasar Kumbasari
 
Pasar Kumbasari termasuk pasar tradisional terbesar di Kota Denpasar. Jaraknya sekitar 13 km dari Bandara Ngurah Rai dan semua karya seni khas Bali ada di sini. Pasar ini buka 24 jam dan setiap harinya selalu ramai pengunjung. Jika anda ingin membeli oleh-oleh dalam skala besar, di sinilah tempat yang tepat. Letak pasar ini dekat dengan Pasar Badung di Jalan Gajah Mada, Denpasar.
 
8. Pasar Seni Guwang
 
Terletak 1 km di sebelah selatan Pasar Seni Sukawati di daerah Gianyar, anda dapat menemukan pasar Guwang. Lokasinya yang sangat strategis bisa memudahkan anda mengunjungi tempat ini saat perjalanan tur ke Besakih atau Kintamani karena rutenya searah. Difungsikan tahun 2002, Pasar Guwang memang dibangun untuk mendukung Pasar Seni Sukawati yang sering macet dan terlalu padat.
 
9. Arjuna Gagapan Bali
 
Sebagai destinasi wisata terkenal, Pulau Bali identik dengan wisata oleh-oleh. Toko pusat oleh-oleh di Bali kini bermunculan di berbagai lokasi di Bali. Yang terbaru, toko oleh oleh Arjuna, Gagapan Bali, hadir di kawasan Batubulan, Gianyar. Meski tergolong baru, toko oleh-oleh ini memberi garansi harga yang super murah, termurah di Bali.
 
Toko oleh-oleh Arjuna, Gagapan Bali ini, resmi mulai dibuka pada Selasa 6 Desember 2016. Acara pembukaan toko oleh-oleh ini diisi dengan upacara Melaspas yang diikuti keluarga pemilik toko dan para pegawai.
 
Toko oleh-oleh khas Bali Super Murah Arjuna ini, berlokasi di jalan raya Batubulan, Gianyar Bali, tidak begitu jauh dari Kota Denpasar. Toko oleh-oleh ini berdampingan dengan Art Shop Galuh yang sudah terkenal dengan batiknya dan tempat pementasan tari barong (barong dance).
 
Menurut pemiliknya, Pande Nyoman Yudi Sutrisna, meski tergolong termuda, namun ia menjamin harga yang ditawarkan di toko oleh-oleh ini super murah.
 
"Jargon kami adalah "Termuda, Super Murah, dan Etalase Pengrajin". Meski baru buka, kami memberi garansi harga oleh-oleh yang dijual di sini paling murah di Bali. Silakan, bisa bandingkan dengan harga di tempat lain," jelas Pande Yudi, di Batubulan, Selasa (6/12/2016).
 
Lebih lanjut Pande menjelaskan, di toko oleh-oleh super murah ini, pengunjung atau wisatawan bisa mendapatkan berbagai macam oleh-oleh khas Bali, mulai aneka baju kaos, baju barong, kain pantai, aneka pakaian khas Bali, udeng, aneka makanan camilan khas Bali, patung, lukisan, layang-layang, dan berbagai jenis oleh-oleh khas Bali lainnya.
 
Pande menyatakan, toko oleh-oleh ini bisa menjual barang dengan harga super murah karena langsung mengambil barang dari pengrajinnya.
 
"Karena langsung mengambil barang dari para pengrajin, kami bisa menekan harga semurah mungkin. Meski super murah, tapi kami tetap memperhatikan kualitas barang," ujar pengusaha muda sukses ini.
 
Selain menyasar wisatawan yang berlibur di Bali, target pasar toko oleh-oleh Arjuna ini adalah para pedagang yang akan menjual kembali oleh-oleh yang dibeli di tempat ini (reseller).
 
"Kami membuka kesempatan bagi yang ingin menjadi reseller. Kami jamin akan mendapat harga paling murah dibanding tempat lainnya di Bali," ujar Pande.
 
Salah seorang pengunjung toko, Gatot Wirasantosa, mengaku harga yang ditawarkan di toko oleh oleh Arjuna memang lebih murah dibanding tempat lain di Bali, baik toko oleh-oleh maupun di pasar seni tradisional.
 
"Setelah saya keliling melihat-lihat, memang harganya jauh lebih murah, bahkan sangat murah untuk ukuran kantong orang Indonesia. Selain itu, juga banyak yang belanja di sini untuk dijual kembali. Jadi tempat ini sangat saya rekomendasikan untuk mencari oleh-oleh dengan harga termurah," ujar Gatot.
 
Kehadiran Toko Oleh-Oleh Arjuna, Gagapan (oleh-oleh) Bali, kini menambah jumlah destinasi wisata oleh-oleh di Pulau Bali. Dengan kehadiran toko oleh-oleh ini, wisatawan yang datang ke Bali kini mempunyai lebih banyak pilihan saat berbelanja oleh-oleh. [bbn/rst/psk]


Sabtu, 01 April 2017 | 09:14 WITA


TAGS: oleh-oleh termurah di bali arjuna gagapan bali




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1408