Dinilai Berikan Keamanan Bertransportasi, Trans Serasi Tabanan Raih Sindo Weekly Government Award 2017

Kamis, 06 April 2017 | 12:05 WITA

Dinilai Berikan Keamanan Bertransportasi, Trans Serasi Tabanan Raih Sindo Weekly Government Award 2017

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Tabanan. Program Trans Serasi yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan sejak 2014 lalu semakin menuai apresiasi positif dari berbagai kalangan. Selain menjadi contoh penerapan bagi sejumlah daerah lainnya serta Kementerian Perhubungan RI, program dibawah kendali Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tabanan ini juga beberapa kali membuahkan prestasi.
 
Terakhir, program ini diganjar penghargaan Government Award 2017 untuk Bidang Pengelolaan Transportasi Publik dari Sindo Weekly setelah beberapa waktu sebelumnya meraih Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Perhubungan RI. 
 
Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo pada malam penganugerahan yang berlangsung di Jakarta, Senin, 3 April 2017 lalu.
 
Pada malam penganugerahan tersebut, sejumlah menteri, pejabat kementerian, dan kepala daerah lainnya turut hadir. Beberapa di antaranya Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono dan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo.
 
Sementara, Eka Wiryastuti saat itu didampingi Kepala Dishub Tabanan I Made Agus Harta Wighuna dan Kepala Bagian Humas Tabanan I Putu Dian Setiawan. 
 
Program Trans Serasi menuai penghargaan tersebut lantaran dipandang mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat selaku pengguna sarana transportasi darat dalam bentuk angkutan bagi para pelajar.
 
Tidak hanya itu, program ini juga memiliki dampak lainnya karena angkutan kota yang selama ini mati suri menjadi lebih diberdayakan lagi. Serta yang terpenting adalah ikut memberi kontribusi bagi upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas.
 
Dalam kesempatan terpisah setelah menerima penghargaan, Eka Wiryastuti menjelaskan program Trans Serasi telah bergulir sejak 2014 lalu. Dalam perjalanannya, program ini terus dievaluasi dan dibenahi pelaksanaannya. 
 
Upaya itupun tidak sia-sia karena pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan memberikan apresiasi positif dengan memberikan bantuan armada serta penghargaan Wahana Tata Nugraha. 
 
“Yang paling penting, dengan adanya program tersebut, tingkat kecelakaan di Tabanan berkurang. Tadinya 23 persen, sekarang menjadi dua persen saja. Angka kriminalitas dan kenakalan remaja juga bisa ditekan juga,” ungkap Eka Wiryastuti.
 
Di kesempatan yang sama, Eka Wirsyastuti juga menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan dari Sindo Weekly yang kali ini diarahkan kepada program Trans Serasi. Penghargaan ini dianggapnya sebagai bentuk apresiasi yang positif bagi jajarannya sekaligus motivasi untuk terus melakukan evaluasi dan pembenahan terhadap pelaksanaan program Trans Serasi.
 
Hal sama juga diungkapkan Kepala Dishub Tabanan I Made Agus Harta Wighuna. Setiap tahunnya, evaluasi dan perbaikan pelayanan terus dilakukan. Bahkan, trayek yang terlayani oleh program tersebut mengalami pengembangan. Tidak lagi hanya terpusat pada wilayah kota atau Kecamatan Tabanan saja.
 
Karena itu, penambahan armada terus dilakukan setiap tahunnya untuk menunjang kelangsungan dan kelancaran dari program tersebut.
 
“Saat ini terdapat 94 armada yang menjangkau enam kecamatan dari sepuluh kecamatan yang ada di Tabanan. Sehingga, ke depannya armada akan ditambah lagi agar bisa menjangkau seluruh kecamatan yang ada di Tabanan,” tandas Agus. [rls/wrt]


Kamis, 06 April 2017 | 12:05 WITA


TAGS: Trans Serasi Tabanan Sindo Weekly Bali Berita Bali



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: