Target Berlaku Universal, BPJS Buka Dua Kanal Pendaftaran Baru

Senin, 15 Mei 2017 | 16:55 WITA

Target Berlaku Universal, BPJS Buka Dua Kanal Pendaftaran Baru

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Awal tahun 2019, BPJS menargetkan seluruh rakyat Indonesia akan masuk menjadi peserta JKN-KIS, sementara per  Triwulan I 2017, untuk wilayah Denpasar baru terhitung sebanyak 1.398.184  atau 79,77 % yang ikut serta. 
 
BPJS Kesehatan pun mengupayakan dengan makin banyaknya kanal baru untuk melakukan pendaftaran, maka peserta BPJS akan bertambah. Upaya tersebut yakni melalui mekanisme pendaftaran telepon atau Care Center 1500-400 dan daftar langsung di mitra BPJS Lippo Mall Kuta, Lippo Mall Sunset, dan Duta Plaza Denpasar serta drop box di masing-masing kecamatan yang ada di wilayah Denpasar.
 
“Sesuai dengan amanat undang-undang per 1 Januari 2019 BPJS Kesehatan harus berlaku universal di seluruh Indonesia. Maka kita hanya punya waktu satu tahun untuk mewujudkan ini,” jelas Kiki Christmar Marbun, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Denpasar, Senin (15/5). 
 
Dengan adanya Care Center 1500-400 maka pendaftar tinggal melakukan hubungan telepon dan menyiapkan beberapa informasi penunjang seperti Nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor  Handphone, Alamat Domisili/Tempat Tinggal (untuk pengiriman kartu), dan alamat email. Rekaman pembicaraan akan menjadi bukti pendaftaran. 
 
Sementara, mendaftar lewat drop box atau mitra BPJS tidak jauh berbeda. Tinggal melengkapi formulir dan kelengkapan yang sama, peserta sudah terhitung terdaftar. Sementara, BPJS juga mengklaim waktu pendaftaran lewat mitra tidak lebih dari lima menit. 
 
Selesai mendaftar, peserta akan mendapat Virtual Account (VA) yang dikirim lewat ponsel atau email. Setelah mendapat VA, peserta diwajibkan untuk membayar iuran pertama paling cepat 14 hari dan paling lambat 30 hari setelah VA diterbitkan. Selanjutnya, sejak pembayaran pertama, kartu peserta dihitung aktif dan akan dikirimkan ke alamat tempat tinggal. 
 
Ia juga mengungkapkan bahwa adanya penambahan kanal ini untuk mendukung kanal-kanal lainnya yang telah dimiliki BPJS, yakni kantor cabang, Bank yang bekerja sama, dan website serta aplikasi BPJS Kesehatan.
 
“Daftar lewat care center banyak untungnya seperti tidak perlu antri, proses cepat dan mudah, dan kartu langsung diantar,” imbuhnya. [wrt]


Senin, 15 Mei 2017 | 16:55 WITA


TAGS: BPJS JKN KIS Care center Drop Box



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: