Pastika Apresiasi Kontribusi IKEMAL Dalam Pembangunan Bali

Minggu, 21 Mei 2017 | 10:40 WITA

Pastika Apresiasi Kontribusi IKEMAL Dalam Pembangunan Bali

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Gubernur Bali Made Mangku Pastika menghadiri perayaan peringatan Hari Pattimura ke-200 yang diadakan Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) Bali bertempat di Pantai Kuta, Sabtu (20/5).
 
Peringatan hari Pattimura ini mengambil tema "Dengan Perayaan Hari Pattimura ke-200 Kita Perkokoh Jati Diri Kita Sebagai Bangsa Indonesia yang Beradab dan Bermartabat".
 
Pada perayaan tepat dua abad tersebut, Pastika menyampaikan apresiasinya kepada keluarga besar IKEMAL Bali yang telah turut serta dalam pembangunan di Provinsi Bali mewujudkan Bali yang aman damai dan sejahtera. 
 
"Saya mengapresiasi warga Bali keturunan Maluku yang tergabung dalam IKEMAL, yang telah menyelenggarakan acara yang sangat relevan dengan situasi terakhir untuk kita menyatakan kembali komitmen kita akan persatuan dan kesatuan. Bahwa kita semua memang 'basaudara' dan kedepan membangun negeri ini dengan semangat Pattimura pantang menyerah maju terus pantang mundur," kata Pastika.
 
Pastika menegaskan, nilai-nilai perjuangan Thomas Matulessy yang dinobatkan menjadi Kapitan Pattimura dalam mempertahankan harkat dan martabat rakyat Maluku yang dijajah oleh Inggris dan Belanda masih sangat relevan untuk saat ini. Terlebih lagi dalam era globalisasi saat ini, penjajahan datang dalam bentuk lain, yaitu dalam bentuk ideologi, politik, ekonomi, budaya, pendidikan, bahkan melalui teknologi informasi. 
 
Lebih lanjut Pastika mengajak seluruh keluarga besar Maluku untuk terus mengimplementasikan nilai-nilai kehidupan sosial berdasarkan pedoman hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yaitu: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. 
 
Diharapkan masyarakat Bali keturunan Maluku menjadi duta besar bagi Maluku di Bali, dan bila tiba saatnya rindu kampung halaman, akan kembali ke Maluku dan membangun kampung halamannya. [rls/prov/wrt]


Minggu, 21 Mei 2017 | 10:40 WITA


TAGS: IKEMAL Hari Pattimura Keluarga Maluku



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR BALI 2018-2023
    • I Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta
    • Total responden sampai saat ini: 811