Bupati Tabanan Dinobatkan Jadi Tokoh Pengembang Program Pertanian

Selasa, 23 Mei 2017 | 17:00 WITA

Bupati Tabanan Dinobatkan Jadi Tokoh Pengembang Program Pertanian

Bupati Tabanan Eka Wiryastuti. [ist]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Tabanan. Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memperoleh penghargaan di bidang pertanian. Sebelumnya, Ia meraih penghargaan dalam bentuk tanda kehormatan Satya Lencana Pembangunan Bidang Ketahanan Pangan dan Pertanian dari Presiden Ir Joko Widodo, kinidinobatkan sebagai Tokoh Pengembang Program Pertanian.
 
Penghargaan tersebut diserahkan dalam ajang iNewsMaker Awards 2017 yang berlangsung pada Senin malam (22/5) di Plenary Hall MNC News Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Penganugerahan iNewsMaker 2017 itu sendiri merupakan ajang ketiga dilaksankan. 
 
Penobatan tersebut disambut dengan rasa syukur oleh Eka Wiryastuti. 
 
"Ini kado yang luar biasa dari Beliau (Tuhan Yang Maha Esa) kesekian kalinya untuk masyarakat Tabanan," ujarnya.
 
EKa Wiryastuti mengaku sangat termotivasi untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki Kabupaten Tabanan dengan basis utamanya di bidang pertanian.
 
"Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi saya untuk berbuat yang lebih baik lagi. Mengangkat derajat para petani agar tidak menjadi simbol saja, bangga menjadi rakyat Indonesia dan menjadi tuan rumah di tanah airnya sendiri. Untuk itu segala upaya akan saya lakukan untuk mengedepankan ekonomi yang pro rakyat," katanya.
 
Sejauh ini, sambungnya, beberapa program yang berbasiskan pertanian telah diupayakannya lewat kebijakan selama memimpin Kabupaten Tabanan. Beberapa di antaranya dengan membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMDa) yang ujung tombaknya ada pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di masing-masing desa.
 
Dengan adanya dua badan usaha tersebut, segala potensi yang dimiliki oleh masing-masing desa di Kabupaten Tabanan, khususnya yang berkaitan dengan pertanian, bisa diserap untuk dipasarkan. Setidaknya, keberadaan dua badan usaha tersebut bisa memberikan solusi terkait kendala pemasaran yang selama ini dihadapi petani.
 
Program lainnya adalah dengan melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Toyama, Jepang. Sehingga di tahun ini, Kabupaten Tabanan mendapatkan hibah tenaga listrik tenaga mikro hidro yang pemanfaatannya diharapkan bisa menunjang kegiatan pertanian, khususnya di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.
 
Program lainnya yakni dalam bentuk pembebasan pajak bagi petani di Desa Jatiluwih yang nantinya dilanjutkan kepada lahan produktif lainnya secara bertahap. Membuat program Gerbang Pangan yang dilaksanakan dengan membantu setiap subak senilai Rp 500 juta dalam bentuk sarana prasana serta bibit.
 
Ada pula program Beras Sehat Serasi yang dilaksanakan dengan membeli beras petani dan menyalurkannya ke masing-masing pegawai negeri. Dan, bekerja sama dengan pemerintah pusat dengan menyiapkan lahan untuk Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Pertanian di Kecamatan Pupuan. [rls/tb/wrt]


Selasa, 23 Mei 2017 | 17:00 WITA


TAGS: Bupati Tabanan Penghargaan Pertanian Tokoh Pengembang Program Pertanian



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1599