Arjuna Gagapan Bali Bantu Pengrajin Rajutan Asal Buleleng

Rabu, 24 Mei 2017 | 11:17 WITA

Arjuna Gagapan Bali Bantu Pengrajin Rajutan Asal Buleleng

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Batubulan. Grosir oleh-oleh termurah di Bali, Arjuna Gagapan Bali (AGB), menepati komitmennya untuk membantu pengrajin kecil (UMKM) di Bali. Tak hanya di di wilayah Denpasar, Gianyar dan sekitarnya, Arjuna juga membantu pengrajin kecil dari Kabupaten Buleleng. Bantuan yang diberikan dalam hal pemasaran produk kerajinan.
 
Nyoman Mulaeni, adalah salah satu pengrajin kecil yang mendapat bantuan dari Arjuna Gagapan Bali. Saat ditemui, Nyoman tengah mengantar rajutan hasil kerajinannya ke Arjuna Gagapan Bali di daerah Batubulan Gianyar. 
 
Nyoman senang karena kini bisa memasarkan langsung hasil kerajinannya ke toko oleh-oleh. Sebelumnya, ia memasarkan hasil kerajinan rajutannya lewat pengepul di daerah Pujungan Tabanan.
 
Pengrajin rajutan benang asal Desa Busungbiu, Banjar Dinas Kaja Buleleng ini, mulai menekuni pembuatan kerajinan rajutan sejak tahun 1993. 
 
"Saya belajar sendiri membuat kerajinan rajutan. Bahannya benang katun dan semua handmade (buatan tangan). Kerajinan rajutan yang saya buat antara lain sarung bantal, baju, kebaya, bikini, scarf, slayer, topi, dan lain-lain,"ujar Nyoman.
 
Selama ini, hasil rajutan Nyoman dipasarkan dengan cara bekerjasama dengan pihak pengepul yang ada di wilayah Tabanan. Hasil kerajinan rajutan hasil karyanya sudah dikirim ke beberapa negara seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Australia.
 
"Ada hasil rajutan saya yang dipakai penyanyi Krisdayanti, yakni dress 2 meter panjang ekornya, dua tahun yang lalu. Saya tidak tahu akan dipakai Krisdayanti, saya hanya dibayar ongkos kerja saja, tapi saya lihat di TV rajutan saya dipakai Kris Dayanti,"ujarnya bangga.
 
Pemilik Arjuna Gagapan Bali, Pande Nyoman Yudi Sutrisna, menyatakan bantuan yang diberikan kepada pengrajin kecil ini merupakan komitmen Arjuna sejak awal berdirinya. 
 
"Jargon kami adalah "Termuda, Super Murah, dan Etalase Pengrajin". Meski baru buka, kami memberi garansi harga oleh-oleh yang dijual di sini paling murah di Bali. Silakan, bisa bandingkan dengan harga di tempat lain," jelas Pande Yudi, di Batubulan, Rabu (24/5/2017).
 
Di toko oleh-oleh super murah ini, pengunjung atau wisatawan bisa mendapatkan berbagai macam oleh-oleh khas Bali, mulai aneka baju kaos, baju barong, kain pantai, aneka pakaian khas Bali, udeng, aneka makanan camilan khas Bali, patung, lukisan, layang-layang, dan berbagai jenis oleh-oleh khas Bali lainnya.
 
Pande menyatakan, toko oleh-oleh ini bisa menjual barang dengan harga super murah karena langsung mengambil barang dari pengrajinnya.
 
"Karena langsung mengambil barang dari para pengrajin, kami bisa menekan harga semurah mungkin. Meski super murah, tapi kami tetap memperhatikan kualitas barang," ujar pengusaha muda sukses ini.[bbn/psk] 


Rabu, 24 Mei 2017 | 11:17 WITA


TAGS: arjuna gagapan bali umkm bali pengrajin



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: