Libur Panjang, Coba Sambangi Jatiluwih Agriculture Festival 2017

Sabtu, 17 Juni 2017 | 14:00 WITA

Libur Panjang, Coba Sambangi Jatiluwih Agriculture Festival 2017

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Tabanan. Jatiluwih Agriculture Festival 2017 resmi dibuka Jumat (16/6) dan akan ditutup pada bulan Agustus nanti, tepatnya tanggal 11 - 13 Agustus 2017 ditandai dengan pelaksanaan Persami Budaya Tingkat Penggalang dan Penegak se-Kecamatan Penebel. Sebelum ditutup, setelah pembukaan ini akan diadakan berbagai kegiatan yang menarik, apa saja?
 
Kegiatan yang ada selama Jatiluwih Agriculture Festival 2017 yakni membajak, dan menangkap lindung (belut) dengan wisatawan sebagai pesertanya.
 
Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan agar membuat lebih menarik pada pra Festival dilakukan upaya pemasangan “Lelakut” di areal subak, yang bertujuan agar setiap wisatawan yang datang ke Jatiluwih diwajibkan untuk berfoto dengan lelakut tersebut. Diterangkan juga sebelum itu dilakukan Upacara Ngusaba Subak dan Pemasangan Penjor.
 
Saat pembukaan Festival juga diadakan Louncing Warung Cerdas Kube, Louncing Program Jatiluwih Berlian/Bank Sampah Green Village, Atraksi Panen, Pameran UKM, Parade Pertanian Catur Angga yang diwakili oleh 20 subak di sekitaran Jatiluwih serta atraksi aneka kesenian Tari, yang salah-satunya tarian legendaris Bali yakni Oleg Tamulilingan dan Kidang Kencana.
 
Bupati Tabanan Putu Eka Wiryastuti menjelaskan bahwa dengan kondisi alamnya, Jatiluwih menjadi asset yang sangat berharga bagi para petani. Pengembangan kepariwisataan di Jatiluwih dikatakannya dibangun dengan konsep pariwisata untuk Petani. 
 
“Sehingga petani adalah actor dari kegiatan pariwisata dan mendapat manfaat dari pariwisata”, ungkapnya, Jumat (16/6).
 
Eka Wiryastuti juga menyarankan agar Jatiluwih Agriculture Festival bisa diadakan setiap Tahun.
 
“Mari kita jadikan event ini sebagai wahana untuk upaya pelestarian, wahana peningkatan produktivitas berbagai sektor, wahana promosi memperkenalkan wilayah ini sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik yang ada di Tabanan, serta wahana pemberdayaan dan mensejahterakan masyarakat," tegasnya. [rls/tb/wrt]


Sabtu, 17 Juni 2017 | 14:00 WITA


TAGS: Jatiluwih Agriculture Festival Tabanan



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: