Klungkung Kuatkan Eksistensi Beras Lokal Lewat Program Beli Mahal Jual Murah

Selasa, 20 Juni 2017 | 17:49 WITA

Klungkung Kuatkan Eksistensi Beras Lokal Lewat Program Beli Mahal Jual Murah

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Klungkung. Program pendistribusian beras lokal Klungkung kepada masyarakat digencarkan sebagai salah satu program unggulan Pemkab Klungkung dalam upaya memberdayakan petani dan beras lokal. 
 
Wakil Bupati I Made Kasta saat memmpin rapat monitoring dan evaluasi penyerapan gabah petani dan pendistribusian beras produksi lokal oleh KUD, mengatakan melalui program Beli Mahal Jual Murah, Koperasi Unit Desa (KUD) yang diajak bekerja sama membeli gabah dengan harga mahal namun menjualnya dengan harga murah, sehingga KUD didorong untuk tidak ambil untung yang besar. 
 
"Selain pemberdayaan, program ini juga berupaya mengendalikan inflasi yang terjadi di daerah pelosok seperti Nusa Penida," katanya, Senin (19/6/2017). 
 
Sebab, Kecamatan Nusa Penida yang dipisahkan oleh lautan mengalami inflasi yang diakibatkan oleh tingginya harga kebutuhan pokok. 
 
Selain masalah harga, KUD juga mengalami masalah dalam pendistribusian gabah dan beras tersebut agar sampai di masyarakat. 
 
Kadis Pertanian Ida Bagus Juanida mengatakan ada beberapa kendala yang membuat berkurangnya produksi beras lokal di Klungkung antara lain, sistem pola tanam yang berubah, banyaknya lahan yang beralihfungsikan, dan sumber daya air yang sekarang semakin berkurang. 
 
Wabup Kasta berharap KUD sebagai penunjang program pemerintah dalam mendistribusikan beras lokal kepada masyarakat. Adapun KUD yang ditunjuk antara lain, KUD Artha Wiguna Gelgel, KUD Panca satya Dawan, dan KUD Jaya Werdhi Takmung, 
 
“Apapun permasalahan yang ada di KUD tentang pendistribusian beras lokal agar dikomunikasikan dengan dinas terkait agar bisa dicarikan solusi,” ujar Wabup Kasta.
 
Seusai rapat, tim langsung meninjau kelapangan dan melihat langsung keadaan di KUD ditunjuk guna menjalankan program pemerintah yakni Beli Mahal Jual Murah. Sehingga kendala yang ada di KUD bisa langsung dicarikan solusi oleh tim. [rls/klk/wrt]


Selasa, 20 Juni 2017 | 17:49 WITA


TAGS: beras lokal program beli mahal jual murah



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: