Waduh, Muncul 92 Siswa "Siluman" di SMPN 1 Tabanan

Minggu, 02 Juli 2017 | 17:40 WITA

Waduh, Muncul  92 Siswa "Siluman" di SMPN 1 Tabanan

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

BeritaBali.com, Tabanan. Penerapan Peraturan menteri pendidikan nomor 17 tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru, ditengari tidak diindahkan oleh beberapa pihak di Tabanan. Kabarnya sebanyak 92 siswa “siluman” muncul di SMPN 1 Tabanan.
 
Sejatinya SMPN 1 Tabanan hanya memiliki  8 kelas yang masing masing kelas berisi 32 siswa. Artinya SMP N 1 Tabanan hanya menampung jumlah siswa 256 orang. Dan itu sudah dilakanakan saat pengumuman akhir Juni  yang menerima 17 orang dari jalur miskin 50 orang dari jalur prestasi dan 189 orang dari jalur reguler.  
 
Namun saat proses MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) masih berlangsung ternyata ada penambahan siswa sekitar 92 orang atau menambah 3 kelas dari jumlah kelas yang ada sebanyak 8 kelas.
 
Penambahan siswa tersebut diterima oleh Kepala SMPN 1 Tabanan I Made Sucahya atas perintah dari Kepala Dinas Pendidikan Tabanan, I Wayan Adnyana. Hanya saja penambahan siswa ini pun belum jelas dari siapa. Masalahnya ketika pengumuman PPDB lewat jalur reguler diumumkan SMPN 1 Tabanan bersama dengan komite sudah sepakat akan menerima 256 siswa sesuai dengan yang disepakati. Tetapi menjelang sehari kasak kusuk penambahan siswa mulai terjadi.
 
Ketua Komite SMPN 1 Tabanan, I Dewa Gede Ari Wirawan mengakui jika di SMPN 1 Tabanan ada siswa 'titipan' sebanyak 92 orang yang diterima dari Kepala Sekolah lewat Kepala Dinas Pendidikan Tabanan. Hanya saja saat ini pihaknya masih tengah menelusuri siswa sebanyak 92 itu dari siapa. 
"Ini masih kami godok bersama dengan kepala sekolah," ujarnya, Minggu (2/7).
 
Yang jelas lanjut Wirawan selaku Ketua komite pihaknya bersama dengan kepala sekolah menginginkan perekrutan sesuai dengan kapasitas ruangan yang ada. Saat ini dari 256 itu terdiri dari 8 kelas, perkelas berisi 32 orang siswa. 
 
"Jadi kami inginkan perekrutan yang sesuai karena kami dengan Kasek sudah merencanakan pengelolaan sekolah biar lebih efektif," tegas Wirawan.
 
Sehingga untuk solusinya ini, pihaknya telah berdiskusi dengan pihak sekolah untuk menentukkan langkah yang akan diambil seperti mencari informasi ke Dinas Pendidikan dan berkomunikasi dengan Dewan Pendidikan. 
 
"Masih dibahas permasalahan ini bersama pihak terkait," ungkap Wirawan.
 
Kepala Dinas Pendididikan Tabanan, I Wayan Adnyana belum bisa dikonfirmasi mengenai informasi tersebut. Pesan singkat SMS belum dibalas. [bbn/nod/psk]


Minggu, 02 Juli 2017 | 17:40 WITA


TAGS: smp1 tabanan ppdb




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1206