Pilgub 2018, Gubernur Ingatkan KPU Bali Agar Netral

Kamis, 13 Juli 2017 | 08:13 WITA

Pilgub 2018, Gubernur Ingatkan KPU Bali Agar Netral

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Gubernur Made Mangku Pastika berharap Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali yang akan digelar tahun 2018 mendatang dapat berjalan lancar dan kondusif. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembaga penyelenggara Pilkada diingatkan agar tidak memihak dan senantiasa berpedoman pada aturan yang berlaku. 
 
Harapan itu disampaikan Pastika saat menerima Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi beserta anggotanya, Rabu (12/7).
 
Pastika menilai, sejauh ini proses persiapan tahapan pelaksanaan Pilgub yang tinggal hitungan bulan sudah berjalan cukup baik. Beberapa calon yang digadang-gadang sejumlah partai politik mulai bermunculan melalui pemasangan baliho dan proses penjaringan di internal parpol. 
 
“Saya amati, beberapa calon yang muncul semuanya bagus. Sejauh ini masih lembut-lembut saja, silahkan berkompetisi. Mudah-mudahan tetap aman dan berjalan baik,”ujarnya. 
 
Dalam kesempatan itu, Pastika juga menyampaikan komitmennya untuk bersikap netral. Bahkan, dalam proses yang nantinya berjalan, ia berencana mempertemukan seluruh pasangan calon. Dia pun mengutarakan harapan agar proses transisi kepemimpinan berjalan smooth. Untuk itu, Pastika punya rencana membuat sebuah tradisi baru pada proses transisi dan mengakhiri masa jabatannya tahun 2018 mendatang.
 
Menanggapi harapan tersebut, Ketua KPU Bali Raka Sandi menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan pelaksanaan Pilgub 2018. Dia menerangkan bahwa saat ini persiapan Pilgub sudah dimulai proses penjaringan calon oleh partai politik. 
 
"Kami pantau, beberapa calon sudah bermunculan,"ujarnya. Sementara proses pendaftaran calon di KPU dijadwalkan berlangsung pada bulan November 2017 bagi calon perseorangan dan Januari 2018 untuk calon yang diusung Parpol. 
 
Senada dengan Gubernur Pastika, Raka Sandi juga berharap perhelatan Pilgub 2018 mendatang dapat berjalan dengan baik. 
 
“Dengan komitmen yang kuat antara KPU sebagai penyelenggara, pemerintah dan aparat keamanan, saya yakin pesta demokrasi ini akan berjalan lancar,”tandasnya. 
 
Dalam kesempatan itu, Raka Sandi juga menyampaikan terima kasih karena Pastika telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah daerah (NPHD) untuk mendukung suksesnya Penyelenggaraan Pilgub 2018. 
 
Pada bagian lain, Raka Sandi menyampaikan pula tahapan seleksi untuk mengisi jabatan Sekretaris KPU Bali. Panitia Seleksi (Pansel) yang dibentuk KPU Bali meloloskan tiga nama yang mengikuti tahap fit and proper test dan selanjutnya diusulkan ke Sekjen KPU RI. Pihaknya berharap, Sekretaris KPU Bali sudah ditetapkan pada Agustus 2017 mendatang.[bbn/rls/psk]


Kamis, 13 Juli 2017 | 08:13 WITA


TAGS: pilgubbali kpu denpasar



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: