Pie Susu Arjuna, Enak, Tanpa Pengawet, Super Murah, Jadi Favorit Wisatawan

Senin, 17 Juli 2017 | 09:22 WITA

Pie Susu Arjuna, Enak, Tanpa Pengawet, Super Murah, Jadi Favorit Wisatawan

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Denpasar. Pie Susu atau bahasa kerennya egg tart, sebenarnya bukanlah makanan khas Bali. Makanan jenis kue manis ini berasal dari Eropa. Saat penjajahan, kue ini masuk Indonesia, dan akhirnya berbaur dengan aneka kue Indonesia. Pie susu kini berkembang di Bali, dan bahkan menjadi kue khas oleh-oleh dari Bali.  
 
Salah satu yang sedang mengembangkan kue pie susu adalah toko oleh-oleh khas Bali, Arjuna Gagapan Bali. 
 
“Kami beri nama kue pie susu ini, Pie Susu Arjuna,” ujar Pande Yudi Sutrisna, sang pemilik toko oleh-oleh Arjuna Gagapan Bali.
 
Ia mengatakan, selain rasanya yang enak serta harganya yang super murah,  Pie Susu Arjuna ini diproduksi langsung di Dapur Arjuna Gagapan Bali yang berada tepat di belakang toko Arjuna.  
“Keuntungan bagi para pengunjung Arjuna Gagapan Bali, banyak sekali, selain bisa melihat langsung bagaimana cara proses pembuatan dari Pie Susu Arjuna, pengunjung juga bisa mencicipi bagaimana rasa dari kue mungil berbahan dasar tepung dan susu ini langsung fresh from the oven,” ujarnya.
 
Satu kotak Pie Susu Arjuna dijual hanya  Rp 14.000 isi 9 biji.  “Harga ini cukup bersahabat di  kantong/dompet wisatawan lokal, domestik serta mancanegara yang mengunjungi Arjuna Gagapan Bali untuk membeli oleh-oleh khas Bali yang  super murah,” katanya.
 
Pande Yudi mengatakan, resep dari kue Pie Susu Arjuna ini sudah tidak asing lagi di telinga, bahan serta cara membuatnya pun cukup mudah. 
 
“Yang membedakan   rasa dari Pie Susu Arjuna ini lebih enak dari yang lainnya,  karena kami membuatnya dengan banyak cinta untuk setiap adonannya sebagai tanda oleh-oleh yang kami berikan ini sangat berharga dan akan selalu ditunggu,” kata Pande Yudi. 
 
Pande Yudi juga mengatakan, dengan mengembangkan kue pie susu ini, ia bisa menampung banyak tenaga kerja, selain itu, cara pembuatan kue pie susu sangatlah sederhana, sehingga karyawan tak terllau sulit untuk belajar membuatnya.  Kue ini juga bisa dipakai camilan dan sarana upcara banten, selain harganya murah dan bisa dijangkau semua kalangan.
 
Pie susu Arjuna memiliki banyak rasa dan bisa di-request rasa lainnya sesuai permintaan konsumen.  “Saat ini dengan rasa original kami sudah kewalahan melayani  karena masa berlaku kadaluarsa juga menjadi dasar pertimbangan sehingga tak banyak rasa yang didisplai. Masa berlaku kadaluarsa lima hari  karena tanpa bahan pengawet,” ucapnya. 
 
Menurut Pande Yudi, bukan hanya konsumen, mereka sekeluarga juga sangat menyukai kue pie susu ini bahkan setiap minum teh dan kopi selalu ditemani kue pie susu Arjuna.
 
Ke depan, ia ingin mengembangkan kue pie susu Arjuna dengan kemasan yang lebih keren dan ukuran kue yang beda. “Sekarang ini kami fokus dulu dengan tampilan ini,” imbuhnya. 
 
Selain promosi di sosial media, banyak juga konsumen datang mendengar cerita  dari mulut ke mulut. “Kebanyakan yang sudah pernah coba akan memebei lagi dan datang kembali,” katanya.
 
Ia juga berpromosi dengan cara, bagi pengunjung yang belanja di Arjuna Gagapan Bali senilai Rp 100 ribu, mereka dapat mencicipi satu biji kue pie susu. Ternyata, cara ini sangat ampuh menarik konsumen. Pelanggan kue pie susu Arjuna  juga dari para kalangan artis ibukota. 
 
“Artis datang dengan sendirinya  diawali dulu Arjuna Gagapan Bali kedatangan kru yang memakai Arjuna sebagai tempat syuting film FTV.  Kemudian, artis yang syuting  memborong kue pie susu untuk oleh-oleh.  Mungkin di situ kena jurus asmara kue pie susu Arjuna langsung disukai dan kalau mereka ke Bali selalau belanja oleh-oleh di Arjuna Gagapan Bali,” kata Pande Yudi.
 
Ia menambahkan, artis lain  datang karena “korban” dari informasi temannya yang sudah datang duluan membeli pie susu Arjuna. Setelah mencobanya,  mereka ketagihan sehingga mereka datang lagi untuk membeli kue pie susu Arjuna. Pie susu Arjuna sudah memiliki rasa khas sendiri  maka 100 persen yang sudah pernah mencoba pasti akan datang lagi membeli. Apalagi, harga murah dan kualitas bagus.  Seperti artis itu, ia  langsung memesan untuk dikirim ke Jakarta.
Pande Yudi mengutip satu komen pembeli kue pie susu Arjuna. 
 
“Awalnya mereka hanya mengenal merk yang dikenal suatu saat diajak ke Arjuna Gagapan Bali,  karena belanja Rp 100 ribu kami  beri bonus mencicipi kue pie susu. Sehingga banyak tamu yang balik lagi untuk membeli kue pie susu Arjuna. Ini bagian strategi kami  utnuk memperkenalkan cita rasa pie susu yang sangat disayangkan dilewatkan kalau sudah ada dalam toko kami,” ujarnya. 
 
Saat ini, kue pie susu Arjuna hanya dijual di toko Arjuna Gagapan Bali.  “Kami berharap Arjuna bisa berbagi pasar dengan para pengrajin pie susu lainnya dan kami fokus di Batubulan dan Kuta saja, dengan tujuan memperkenalkan hasil produk kerajinan tangan lainnya di dalam  toko Arjuna agar produk yang lainnya  juga bisa merata perputarannya,” kata Pande Yudi. 
 
Ia menambahkan, produk pie susu yang baru produksi tiga bulan sudah menjadi mentor produk terlaris di toko Arjuna Gagapan Bali sehingga lumayan menyedot pelanggan.[bbn/rls/psk]


Senin, 17 Juli 2017 | 09:22 WITA


TAGS: pie susu arjuna bali oleh oleh bali




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1206