Dorong Peningkatan Produk Pertanian, Perusda Bali Kerja Sama Bidang Agribisnis

Senin, 17 Juli 2017 | 18:44 WITA

Dorong Peningkatan Produk Pertanian, Perusda Bali Kerja Sama Bidang Agribisnis

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Dalam rangka meningkatkan kuantitas maupun kualitas produk pertanian di Bali maka Perusahan Daerah (PERUSDA) Provinsi Bali menjalin kerja sama di bidang agribisnis yang dituangkan kedalam Kesepakatan Bersama “Memorandum of Understanding” (MoU) dengan PT Bintang Mandiri Sejahtera Ind, bertempat di Kantor Perusahan Daerah Provinsi Bali, Senin (17/7).
 
Direktur Utama Perusahan Daerah Provinsi Bali Nyoman Bhaskara, mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan kerja sama dengan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang agribisnis tersebut untuk mengembangkan kualitas produk pertanian singkong. 
 
"Seperti yang diketahui bahwa singkong memiliki banyak manfaat seperti bahan energi, pakan ternak khususnya babi, serta diolah menjadi tepung tapioka," sebutnya.
 
Menurutnya, di Bali masih banyak terdapat lahan-lahan “tidak berpengairan secara teknis” yang belum dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian secara optimal. 
 
Untuk itu, diharapkan pertanian singkong yang akan dilakukan oleh PT Bintang Mandiri Sejahtera dengan para kelompok-kelompok tani di Bali akan dapat memanfaatkan lahan-lahan tersebut dan nantinya menghasilkan produk pertanian singkong serta produk integrasi lainnya dengan baik. Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa bisnis tersebut akan memberikan keuntungan yang signifikan bagi para petani, di mana selain sebagai penyedia lahan, para petani juga akan mendapatkan bibit unggul dari singkong cassava untuk ditumbuh kembangkan dan nantinya bagi hasil akan dilakukan secara merata. 
 
Disamping untuk para petani, Bhaskara menjelaskan bahwa bisnis tersebut juga akan terintegrasi dengan para peternak babi di mana sisa hasil pengolahan singkong akan dijadikan pakan ternak babi yang memiliki kadar protein tinggi dan hal tersbeut akan memberikan manfaat bagi nutrisi babi tersebut. 
 
Untuk mewujudkan hal itu, maka perusahaan ini akan membangun tiga pabrik di Bali yaitu pabrik pengolahan singkong, tepung tapioka dan pig meal (pakan babi). Sedangkan terkait lahan, perusahan tersebut membutuhkan lahan sekitar 3500 hektar, sedangkan Perusda sendiri baru memiliki lahan sekitar 1.800 hektar sedangkan kekurangannya, akan dilakukan sosialisasi lebih lanjut kepada para petani yang ada di Bali. 
 
Ia berharap, adanya jalinan kerja sama yang telah di tuangkan kedalam MoU ini tidak hanya pemberlakukan secara simbolis semata, namun PT. Bintang Mandiri Sejahtera benar-benar berkomitmen untuk mengembangkan usaha ini di Bali dan memberikan kontribusi nyata bagi para petani dan pembangunan Bali yang lebih baik kedepannya khususnya dalam bidnag pertanian. 
 
Dalam kesempatan itu dilakukan penandatanganan MoU antara Direktur Utama Perusahan Daerah Provinsi Bali Nyoman Bhaskara dengan Direktur PT. Bintang Mandiri Sejahtera Ind Alex Yonathan E Tawas. [rls/prov/wrt]


Senin, 17 Juli 2017 | 18:44 WITA


TAGS: MoU pertanian



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1599