Gowes Pesona Nusantara Lintasi Kota Denpasar

Sabtu, 29 Juli 2017 | 12:00 WITA

Gowes Pesona Nusantara Lintasi Kota Denpasar

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Kota Denpasar menjadi salah satu kota pelaksana Gowes Pesona Nusantara oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemnepora) RI. Kegiatan ini telah digulirkan pada 5 Mei lalu dimulai dari Kota Sabang yang diikuti 90 kabupaten/kota dengan melintasi 34 provinsi sejauh 5.000 Km lebih. 
 
Pelepasan Gowes Pesenon Nusantara dilakukan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Prof. Dr. Faisal bersama Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede serta Ketua Umum KONI Denpasar I.B Toni Astawa, Sabtu (29/7) di Lapangan Lumintang Denpasar. Diikuti ribuan peserta dari siswa sekolah, komunitas, dan masyarakat umum kegiatan ini juga tampak diisi dengan yoga masal, hingga senam kebugaran. 
 
Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Prof. Dr. Faisal mengatakan kegiatan Gowes Pesona Nusantara digagas Kemenpora yang kali ini kegiatan mengambil lintasan di Kota Denpasar dengan keterlibatan seluruh element masyarakat Denpasar. 
 
Prof. Faisal menjelaskan Pelepasan etape pertama Gowes Pesona Nusantara telah dimulai dari Kota Sabang oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dalam rangka memerpingati hari pendidikan Nasional. Gowes Nusantara ini memiliki track yang menyambung dari satu daerah ke daerah lainnya secara serentak dari empat titik terluas Indonesia yaitu Sabang, Merauke, Tarakan dan Atambua. 
 
Seluruh kegiatan Gowes akan berakhir di Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah pada puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September mendatang. 
 
“Mari kita memasyarakatkan olahraga yang nantinya menjadikan masyarakat memiliki gaya hidup sehat melalui gerakan “Ayo Olahraga”,” ujarnya.
 
Sekda Rai Iswara mewakili Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan pelaksanan Gowes Nusantara tak terlepas dari menjaga kesehatan serta memperkuat empat pilar kebangsaan yakni NKRI, Bhineka Tungga Ika, UUD, dan Pancasila. 
 
Sehingga dari gowes ini memberikan kita sebuah kebersamaa dalam menjaga kesehatan dan empat pilar tersebut. 
 
“Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah menjadikan Kota Denpasar sebagai pelaksanaan kegiatan Gowes Pesona Nusantara yang memberikan sebuah nilai-nilai penting dalam menjaga bersama kebhinekaan," ujarnya.
 
Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede mengatakan langkah memeprsatukan NKRI telah dilakukan pemerintah pusat lewat kegiatan yang melibatkan siswa sekolah dasar hingga SMA/SMK dan masyarakat. Apa yang dicanangkan dari kegiatan ini disamping berolahraga juga memberikan makna dalam menjaga persatuan dan kesetuan NKRI. 
 
Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar Wayan Gunawan mengatakan dipilihnya Kota Denpasar dalam jalur perlintasan tak terlepas sebagai Ibu Kota Provinsi Bali dengan berbagai sejarah kota yang dapat dilalui dan diketahui dalam rute gowes kali ini. 
 
“Kita mengharapkan dari rute yang telah ditetapkan panitia dari kawasan lumintang hingga memasuki kawasan titik nol Kota Denpasar Patung Catur Muka disamping berolahraga sepeda juga mampu memberikan edukasi kepada para peserta terkait dengan sejarah terbentuknya kota ini,” ujarnya. [rls/dps]


Sabtu, 29 Juli 2017 | 12:00 WITA


TAGS: Gowes Pesona Nusantara



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: