ITS Kunjungi Karangasem, Terapkan Program Pengembangan Potensi Daerah

Jumat, 04 Agustus 2017 | 12:00 WITA

ITS Kunjungi Karangasem, Terapkan Program Pengembangan Potensi Daerah

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa di dampingi tiga staf ahli Bupati menerima kunjungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Kamis (3/8).
 
"Motivasi kunjungan kita adalah dalam menindaklajuti kerja sama yang sudah terjalin antara Pemkab Karangasem dengan ITS yang sudah dilakukan pada saat peresmian ITS oleh Bupati Mas Sumatri sebelumnya," ujar Dr. I Ketut Edy Purnama selaku ketua rombongan tersebut.
 
Dirinya mengatakan, dalam kunjungannya kali ini ada beberapa program yang akan dicoba terapkan di Kabupaten Karangasem seperti Program Pengembangan Potensi Daerah, Strategi pengambangan e-Government dan Smartcity serta Strategi pengembangan potensi daerah melalui pendekatan OVOP yang berbasis ekonomi lokal.
 
Dalam acara pertemuan yang berlangsung di Gedung UKM Centre tersebut, Artha Dipa sangat mengapresiasi dan sangat menyambut gembira dengan kunjungan ITS ke Kabupaten Karangasem.
 
"Potensi yang dimiliki Karangasem cukup beragam dari sektor pertanian dalam arti luas, sektor pertambangan dan pariwisata," kata Artha Dipa dalam sambutannya.
 
Menurutnya, perkembangan pariwisata di Kabupaten Karangasem kini semakin meningkat, hal tersebut dikarenakan belakangan ini para wisatawan nampak mulai jenuh dengan perkembangan wisata. 
 
"Sehingga sekaranglah waktu yang tepat sebagai peluang pengembangan objek dan daya tarik wisata di Karangasem dengan ciri khas tersendiri menjadi peluang pasar pariwisata yang cukup menjanjikan," katanya. 
 
Keberagaman atraksi pariwisata budaya seperti keberadaan Pura Besakih sebagai Mother tample yang menjadi ikon Bali dan Taman Soekasada Ujung yang merupakan situs peninggalan Kerajaan Karangasem menjadi salah satu potensi dari ratusan potensi yang dimikiki Karangasem. 
 
Bahkan Kabupaten Karangasem mempromisikan diri sebagai destinasi spiritual dengan dukungan keberadaan alam yang masih relatif asri.
 
"Semua potensi dan perencanaan pembangunan di Karangasem kami wujudkan dalam tag line "Karangasem The Spirut of Bali"," ungkapnya.
 
Selain itu, Wabup Artha Dipa juga berharap, dengan adanya Focus Group Discussion tentang Strategi Pengembangan Potensi Daerah Melalui Pendekatan OVOP yang berbasis pengembangan ekonomi Lokal Kabupaten Karangasem akan dapat memberikan masukan guna pengembangan pembangunan. [bbn/igs]


Jumat, 04 Agustus 2017 | 12:00 WITA


TAGS: ITS Karangasem



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: