Bupati Cup 2017, Warga Jembrana Gelar Mekepung

Senin, 14 Agustus 2017 | 11:30 WITA

Bupati Cup 2017, Warga Jembrana Gelar Mekepung

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Jembrana. Mekepung atau atraksi karapan kerbau merupakan tradisi asli daerah Jembrana yang kembali diadakan di Sirkuit Mekepung Desa Delodberawah, Mendoyo, Minggu (13/8) serangkaian Bupati Cup 2017.
 
Sebagai salah satu budaya yang digemari, ribuan  penonton hadir di sirkuit Desa Delod Berawah untuk menyaksikan event ini.
 
Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Jembrana Putu Artha, Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan dan Ketua DPRD Jembrana Ketut Sugiasa serta seluruh pimpinan OPD di Jembrana.
 
Dalam ajang Mekepung Bupati Cup 2017 kemarin sebanyak 302 pasang kerbau ikut ambil bagian untuk memperebutkan Piala Bergilir, piala dan uang tunai. Dari 302 pasang kerbau, sebanyak 167 pasang dijagokan oleh Blok Ijogading barat dan sebanyak 135 pasang dijagokan blok Ijogading Timur. 
 
Meski dalam jumlah Blok Ijogading barat lebih banyak Blok Ijogading barat tidak mau kalah. 
 
Acara lomba mekepung yang start mulai pukul 07.00 wita ini, dilepas secara langsung oleh Bupati Artha dengan melepas sejumlah pasang kerbau. Joki nampak semangat memacu kerbau di atas keretanya beradu kekuatan lari antar kerbau. 
 
Sebagai penanda Blok Ijogading barat menggunakan bendera dan pakaian warna hijau sedangkan blok Ijogading timur menggunakan bendera dan pakaian warna merah.
 
Ketika perlombaan semakin memanas ribuan penonton ikut memanas dengan memberikan semangat kepada joki. Perolehan poin antara kedua Blok pun semakin berhimpitan dan saling mengejar baik di Regu A, B dan C. Pada akhirnya Blok Ijogading timur berhasil menjadi Juara umum dengan perolehan 47 poin unggul dari Blok Ijogading barat dengan 13 poin.
 
Juara umum Ijogading timur berhasil meraih piala bergilir dan uang tunai sebesar Rp25 juta. Sedangkan juara favorit I berhasil diraih oleh Ketut Sweca dari pasangan Bukit Berbunga dengan piala serta uang tunai Rp6 juta yang diserahkan langsung oleh Bupati Artha.
 
Bupati Artha dalam kesempatan tersebut menyampaikan lomba Mekepung ini merupakan agenda rutin yang tiap tahun kita adakan. Artha berharap kedepan sirkuit mekepung ini akan dibuat sirkuit yang lebih representatif, seperti  dalam hal fasilitas penonton yang lebih baik agar penonton bisa lebih nyaman menyaksikan. 
 
"Sirkuit seperti ini sudah kita terapkan di Samblong yang masih dalam proses pembangunan," katanya. [jim/wrt]


Senin, 14 Agustus 2017 | 11:30 WITA


TAGS: mekepung jembrana




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1410