Ini Perjalanan Karier Almarhum Sesepuh Golkar Karangasem I Gusti Lanang Rai

Rabu, 16 Agustus 2017 | 12:00 WITA

Ini Perjalanan Karier Almarhum Sesepuh Golkar Karangasem I Gusti Lanang Rai

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Karangasem. Duka mendalam dirasakan keluarga besar Jro Duda, Desa Duda, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem selepas kepergian Drs I Gusti Lanang Rai. Terlebih kepergian mantan Wakil Bupati Karangasem tersebut begitu cepat tanpa ada pertanda atau sakit apapun sebelumnya.
 
"Almarhum sehat tidak ada sakit apapun, hanya saja bapak suka merokok, padahal sudah dilarang tapi bapak sering diam-diam merokok bahkan sehari bisa habis dua bungkus," ujar I Gusti ayu putu tirta, istri almarhum.
 
Dari penuturan istri almarhum yang akrab disapa Gusti Biyang bahwa sekitar pukul 02.15 wita, almarhum nengalami sesak napas dan langsung dilarikan ke Puskesmas Selat, setelah beberapa saat, dirasa sudah kembali pulih, almarhum meminta untuk pulang.
 
"Saya kira sesak napas karena asam lambung karena beliau punya riwayat maag," ungkapnya.
 
Setelah sampai di rumah, sekitar pukul 03.15 tiba-tiba almarhum kembali mengalami sesak napas, keluarga pun bergegas kembali ke Puskesmas Selat. Karena kondisinya semakin memburuk, almarhum dirujuk ke RS Balimed, namun sebelum berangkat kesana, nyawa almarhum sudah tidak tertolong lagi.
 
I Gusti Lanang Rai menghembuskan napas terakhirnya di usia 72 tahun dengan meninggalkan satu orang putra dan empat orang putri beserta delapan orang cucu. 
 
Dalam perjalanan karier mantan Wabup Karangasem yang juga dikatakan sebagai sesepuh Partai Golkar tersebut berawal dari menjadi Camat Selat pada tahun 1973. Bahkan saat itu almarhum menyandang predikat sebagi Camat termuda.
 
Selain itu, almarhum juga sempat berkarier ke daerah Singaraja dan menjadi Camat Kota Singaraja. Setelah itu, alamrhum juga sempat menjabat sebagai wakil rakyat DPR Buleleng sebelum akhirnya kembali ke Karangasem dan menjadi Wakil Bupati mendampingi Bupati I Wayan Gredeg.
 
Sementara itu, sosok almarhum Gusti Lanang Rai, menurut kader partai berlambang pohon bringin I Wayan Sekep Ariana merupakan sebagai pembuka pintu kejayan Partai Golkar di Kabupaten Karangasem pasca era reformasi. 
 
"Berbagai kesuksesan pernah diraih beliau terlebih setelah menjadi Ketua DPD Golkan Karangasem karirnya semakin bersinar," ujarnya.
 
Saat ini jenasah almarhum I Gusti Lanang Rai disemayamkan di Balegede Jero Duda, rencananya pada tanggal 27 Agustus akan dilaksanakan prosesi ngaben.  
 
"Selanjutnya akan dilaksanakan prosesi nyiramin, sementara untuk eedaanya masih matur ke Griya," kata Anak Agung Ngurah Agung, selaku keponakan almarhum. [igs/wrt]


Rabu, 16 Agustus 2017 | 12:00 WITA


TAGS: golkar tokoh meninggal




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1410