Karangasem Bakal Gelar Festival

Sabtu, 26 Agustus 2017 | 06:00 WITA

Karangasem Bakal Gelar Festival

ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Dinas Pertanian Kabupaten Karangasem akan menggelar Festival Subak yang bertempat di subak Hyang Taluh, Sidemen, Karangasem pada 14 sampai 16 September mendatang dengan tujuan untuk mestarikan keberadaan subak dengan memadukan sektor pertanian dan sektor pariwisata
 
"Kegiatan seperti ini baru pertama kali digelar di Karangasem. Berbagai persiapan sudah kami lakukan sejak beberapa bulan belakangan ini seperti penanaman di demplot-demplot seluas 1,3 haktar," ujar Kadis Pertanian Wayan Supandi.
 
Menurut Supandi, digagasnya Festival Pertanian Kabupaten Karangasem salah satunya bertujuan untuk melestarikan subak di Karangasem. Disamping itu juga untuk menginisiasi sinergitas antara Pertanian dan sector Pariwisata, mengedukasi petani dan masyarakat untuk menerapkan teknologi pertanian, mempromosikan hasil pertanian dan menumbuhkan ekonomi kreatif dalam sector pertanian.
 
Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut, diikuti oleh seluruh subak di Kabupetan Karangasem. Tidak sampai disitu, kelompok wanita tani, produsen dan distributor benih, pembasmi hama dan juga pupuk serta alat alat pertanian serta pihak Pariwisata dan juga PHRI juga turut dilibatkan dalam Festival tersebut.
 
Sementara itu, dalam Festival juga akan ditampilkan 23 jenis komoditas pertanian unggulan yang telah ditanam dalam demplot-demplot tersebut. Termasuk contoh kandang ternak sapi dan domba gondrong yang cukup terkanal di Sidemen.
 
"Untuk pemeran sendiri akan dilakukan di Lapangan Mamed, Sidemen," uangkapnya. 
 
Nantinya panitia Festival juga akan mengajak para peserta atau pengunjung untuk ikut Fun trip, dimana pengunjung akan diarahkan untuk ikut berjalan kaki dari lapangan Mamed menuju demplot selama 30 menit. [igs/wrt]


Sabtu, 26 Agustus 2017 | 06:00 WITA


TAGS: festival subak pertanian



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: