Aliran Sungai Subak Susuan Mampet, Petani Turun Tangan Bersihkan Sampah

Selasa, 29 Agustus 2017 | 16:00 WITA

Aliran Sungai Subak Susuan Mampet, Petani Turun Tangan Bersihkan Sampah

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Petani Subak Susuan berjibaku membersihkan pintu air yang berada di perempatan Jalan Semanatih, lingkungan susuan, Desa pakraman Susuan, Karangasem dari sampah yang menyumbat aliran sungai Subak Susuan, Selasa (29/8) sekitar pukul 07.00 wita.
 
"Aliran sungai mengalir hingga ke sawah di Dusun Belong, sungai ini khususnya di pintu masuk sangat sering tersumbat sampah sudah sejak tahun 2013 apalagi saat musim penghujan," ujar Kelian Subak Susuan, I Ketut Suta Saputra saat membersihkan pintu masuk air bersama tiga petani lainnya.
 
Aliran Sungai Subak Susuan sendiri bersumber dari Sungai juwuk manis. Menurut Suta, belakangan ini sejak tahun 2013 sering sekali tersumbat jika memasuki musim hujan air sungai akan meluap dan sampah-sampah akan berserakan ke tengah jalan. Menurutnya penyebab dari seringnya aliran sungai tersebut tersumbat karena gorong-gorong di bawah jalanan sangat sempit bahkan kemungkinan setahun ke depan akan mampet total akibat terurug pasir yang dibawa aliran air. 
 
Dirinya bersama tiga orang petani lainnya harus bersusah payah mengeluarkan sampah serta harus menahan bau busuk cukup menyengat dari sampah-sampah yang menumpuk di pintu air. Selain itu, peralatan yang digunakan juga seadanya yakni sebilah bambu dan besi yang dibengkokkan untuk menarik sampah keluar dari gorong-gorong.
 
Diakui Suta bahwa sempat mengadu ke pihak Kelurahan terkait seringnya aliran sungai tersumbat sampah akibat ukuran gorong yang sangat kecil. Namun hingga saat ini tundakan yang diambil baru sebatas dilihat saja. [igs/wrt]


Selasa, 29 Agustus 2017 | 16:00 WITA


TAGS: sungai mampet subak



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: