Pemerintah Klungkung Dorong Pembinaan dan Pelatihan Linmas

Rabu, 13 September 2017 | 15:00 WITA

Pemerintah Klungkung Dorong Pembinaan dan Pelatihan Linmas

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Klungkung. Para anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) harus mendapat perhatian serius di masing-masing desa. Mengingat semakin beratnya tugas seorang Linmas dalam mewujudkan keamanan di desa. Demikian disampaikan Wakil Bupati Klungkung Made Kasta saat menghadiri penilaian lomba Satuan Linmas Desa dan Kelurahan di Kantor Desa Paksebali, Rabu (13/9). 
 
"Tidak hanya ketika ada Pemilu, namun peran seorang Linmas harus terus aktif menjaga keamanan desanya masing-masing, untuk itu diperlukan kelengkapan penunjang dalam bertugas seperti seragam dan alat kelengkapan lainnya," ujar Wabup Kasta.
 
Wabup Made Kasta menambahkan sebagai wujud kepedulian Pemerintah Daerah Kepada anggota satuan linmas, pihaknya memerintahkan Kepala Dinas PolPP dan Damkar untuk senantiasa memberikan pembinaan dan pelatihan. Perbekel pun diperintahkan untuk melengkapi anggota linmas dengan seragam yang layak serta berbagai kelengkapan  yang diperlukan Limas dalam menjalankan kewajibannya.
 
"Jalin komunikasi yang baik antara Linmas dan Pecalang serta seluruh perangkat desa guna menciptakan keamanan dan situasi kondusif bagi masyarakat desa," pungkas Wakil bupati yang juga seorang mantan Bendesa Adat.
 
Perbekel Desa Paksebali Putu Ariadi berjanji akan mememenuhi kelengkapan anggota linmas. Ia menambahkan Desa Paksebali memiliki anggota linmas sebanyak 31 orang. Menurutnya, Linmas sangat diperlukan dalam pengamanan desa wisata yg sedang dikembangkan desa paksabali sendiri.
 
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran kabupaten Klungkung, I Putu Suarta menjelaskan tujuan lomba Linmas yaitu untuk memotivasi satuan linmas agar lebih aktif dan terus eksis karena perannya di masyarakat masih dibutuhkan dalam memberi bantuan dan perlindungan kepada masyarakat. Disamping untuk memotivasi, juga bertujuan untuk memantapkan kembali Tugas pokok satuan linmas sesuai dengan permendagri No 84 tahun 2014.
 
Ia menambahkan lomba satuan linmas tahun 2017 yang masing-masing diwakili oleh 2 satuan linmas yang merupakan hasil seleksi di masing-masing kecamatan. Tim penilai yang terdiri dari unsur Satpol PP dan Damkar, unsur Kodim 1610/klungkung, unsur Polres Klungkung dan unsur BPBD Klungkung.  
 
“Lomba linmas tahun ini diikuti oleh 8 nominasi yang merupakan utusan dari masing-masing kecamatan. Kecamatan Banjarangkan diwakili oleh Linmas Desa Getakan dan Desa Negari, Kecamatan Klungkung diwakili oleh Linmas Desa Gelgel dan Desa Tangkas, Kecamatan Dawan diwakili oleh Linmas Desa Paksebali dan Desa Dawan Klod dan Kecamatan Nusa Penida diwakili oleh Linmas Desa Ped dan Desa Kutampi Kaler,” jelas Putu Suarta.
 
Lomba Satuan Linmas ini akan memperebutkan juara I,II dan III dengan hadiah berupa uang tunai dan tropi. [rls/klk/wrt]


Rabu, 13 September 2017 | 15:00 WITA


TAGS: linmas



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1597