Pemerintah Klungkung Ubah Angkot Jadi Angkutan Siswa

Senin, 18 September 2017 | 17:00 WITA

Pemerintah Klungkung Ubah Angkot Jadi Angkutan Siswa

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Klungkung. Pemerintah Kabupaten Klungkung menyiapkan anggaran untuk angkutan siswa. Mulai Oktober mendatang, para siswa bisa menikmati angkutan sekolah secara gratis.
 
Sebagai tahap awal, Pemkab Klungkung merancang angkutan siswa ke sejumlah sekolah di Kecamatan Klungkung. Sedikitnya 90 kendaraan umum disiapkan untuk melayani rute yang ditentukan. Kondisi fisik dan kelayakan kendaraan menjadi salah satu syarat angkutan siswa tersebut. 
 
“Secara fisik dan perawatan masih banyak yang bisa dimanfaatkan. Kedepan apabila semua siswa bisa diarahkan untuk menggunakan angkutan ini tentu peremajaan kendaraan wajib dilakukan,” ujar Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat mengecek kesiapan kendaraan angkutan umum di Terminal Semarapura, Senin (18/9/2017). 
 
Menurut Bupati, para sopir ini nantinya akan dibuatkan suatu wadah koperasi. Mereka juga akan diberikan seragam untuk kerapian dan kenyamanan penumpang. Dari anggaran yang disiapkan, Bupati berharap pertengahan Oktober program ini sudah bisa berjalan efektif. 
 
“Di setiap armada kita akan pasangi stiker tentang program Pemkab Klungkung dan beberapa himbauan, seperti KTR dan bahaya Narkoba,” sebutnya. 
 
Dari rasio siswa, sedikitnya diperlukan angkutan siswa sebanyak 90 unit. Namun, dari data yang tercatat baru sekitar 80 kendaraan. Untuk mengatasinya akan dilakukan evaluasi dan penambahan kendaraan yang tersedia. 
 
“Kita tidak akan menyiapkan bus siswa, kita tetap memberdayakan masyarakat,” jelasnya. 
 
Program inovasi ini disambut antusias sopir, salah satunya I Ketut Maharda. Sopir angkutan jurusan Semarapura – Besakih ini menyatakan setuju akan program angkutan siswa ini. Ia mengaku hasil yang didapat sebagai sopir angkutan belakangan ini mulai menurun. 
 
“Saya setuju dan bersyukur ada angkutan siswa ini,” sebutnya. 
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung, Nyoman Sucitra menyampaikan, sebagai pilot project (percontohan) angkutan siswa ini baru mencakup sekolah di Kecamatan Klungkung. Meliputi SMPN 1 Semarapura, SMPN 2, Semarapura, SMPN 3 Semarapura dan SMP PGRI Semarapura. [rls/klk/wrt]


Senin, 18 September 2017 | 17:00 WITA


TAGS: angkutan siswa



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: