Juara I Nasional, Desa Bukian Wakili Bali Ciptakan Kincir Air Tanpa Listrik

Jumat, 29 September 2017 | 12:00 WITA

Juara I Nasional, Desa Bukian Wakili Bali Ciptakan Kincir Air Tanpa Listrik

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Palu. Provinsi Bali kembali memperoleh penghargaan bergengsi tingkat nasional. Kali ini Bali menjadi juara pertama dalam Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) serangkaian Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XIX di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Rabu (27/9). 
 
Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo kepada Gubernur Bali yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bali, Ir. Ketut Lihadnyana didampingi I Wayan Budiana, Ketua Kelompok Cipta Karya, Desa Bukian, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar.
 
Dalam lomba ini, Provinsi Bali menampilkan Pompa Kincir Air Tanpa Listrik karya I Wayan Budiana dan Kelompok TTG Cipta Karya Desa Bukian. Dengan inovasi ini, masyarakat bisa memanfaatkan potensi sumber mata air yang ada di Desa Bukian untuk kebutuhan sehari-hari. Karya inovasi ini rupanya berhasil membuat Tim Penilai menetapkan sebagai inovasi TTG terbaik tahun ini.
 
Saat menyerahkan penghargaan Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan teknologi tepat guna yang ditemukan merupakan salah satu cara ampuh untuk mewujudkan kemandirian masyarakat desa. 
 
“Kepada para pemenang lomba saya berpesan agar teruslah berkarya dan wujudkan impian kalian untuk membangun desa. Kita harus terus mengembangkan dan memanfaatkan teknologi tepat guna,” ujarnya.
 
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali Dewa Mahendra Putra,SH mengatakan Gubernur Bali Made Mangku Pastika memberikan apresiasi terhadap prestasi yang diraih warga Bali di ajang teknologi tepat guna tingkat nasional ini. Ia mengatakan keberhasilan ini diharapkan menjadi motivasi bagi masyarakat untuk terus menciptakan inovasi yang berkontribusi terhadap perbaikan kualitas hidup masyarakat.
 
“Pemprov Bali memberi perhatian penuh terhadap pembangunan desa baik melalui pendanaan, pemberdayaan dan pendampingan kepada masyarakat,” pungkasnya. [bbn/prov/wrt]


Jumat, 29 September 2017 | 12:00 WITA


TAGS: teknologi kincir



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: