Antusias, Pengungsi Bisa Buat 10 Anyaman Sehari

Jumat, 29 September 2017 | 15:00 WITA

Antusias, Pengungsi Bisa Buat 10 Anyaman Sehari

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Ibu-ibu pengungsi Gunung Agung antusias mengerjakan kegiatan yang digeluti sehari-hari, yakni membuat kerajinan anyaman bambu berupa besek, maupun kukusan. Rata-rata mereka bisa menyelesaikan 5 hingga 10 anyaman per harinya. 
 
Ketua Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan (BK3S) Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika, saat melaksanakan Bhakti Sosial Bencana Gunung Agung ke lokasi pengungsian Posko II Sinduwati di Br. Kikian, Ds. Sinduwati, Sidemen, Karangasem, Kamis (28/9) mengapresiasi semangat para pengungsi. 
 
"Walaupun berada dilokasi pengungsian kami berharap tidak menyurutkan kreatifitas para warga. Kami mendorong para warga yang memiliki ketrampilan agar terus berkarya sehingga mereka bisa bangkit dari rasa cemas dan kepanikan dengan adanya bencana ini,” cetus Ayu Pastika seraya menyatakan hasil-hasil kreatifitas para warga tersebut akan dibantu penyalurannya, sehingga bisa langsung terjual.
 
Hal tersebut dibenarkan Kepala Desa Sinduwati I Nengah Rumana, yang ikut membantu fasilitasi bahan dasar anyaman maupun penyaluran hasil kerajinan para warga. 
 
“Bagi warga yang masih memiliki bahan mentah biasanya disiang hari mereka pulang kerumah masing-masing untuk mencari bahan anyaman, kalau tidak warga kami disini juga ikut membantu, sehingga mereka tetap bisa beraktifitas seperti biasa. Dalam hal menyiapkan konsumsi kami juga melibatkan para ibu-ibu pengungsi, sehingga mereka bisa mandiri,” ujar Rumana seraya menjelaskan transparansi penyaluran logistik, baik yang datang maupun yang terpakai oleh warga pengungsi keseluruhannya sudah melalui proses pencatatan dan tanda terima. [bbn/prov/wrt]


Jumat, 29 September 2017 | 15:00 WITA


TAGS: pengungsi gunung agung



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: