Wabup Klungkung Antar Pengungsi Pulang Kampung

Jumat, 06 Oktober 2017 | 14:00 WITA

Wabup Klungkung Antar Pengungsi Pulang Kampung

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Klungkung. Sebanyak 121 orang pengungsi asal Banjar Dinas Benekasa, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem, Jumat (6/10) pukul 08.15 WITA memilih pulang kampung, setelah sebelumnya mereka mengungsi di Balai Banjar Gunung Hyang, Kelurahan Semarapura Kelod Kangin, Klungkung selama dua minggu.
 
Menariknya, mereka pulang kampung dihantarkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Klungkung Made Kasta, Kepala BPBD Putu Widiada, Camat Klungkung Komang Gede Wisnuadi dan Kepala Sat Pol PP dan PMK Putu Suarta. 
 
Para pengungsi ini diangkut menggunakan 2 bus dan 1 truk yang difasilitasi oleh Pemkab Klungkung. Para pengungsi ini memilih pulang kampung karena desa mereka tidak masuk ke dalam zona rawan bencana alias berada di luar kawasan rawan bencana (KRB). 
 
Kelihan Banjar Benekasa Ketut Ari Wijaya mengatakan, sesuai imbauan Gubernur dan perangkat desa, wilayah Banjar Dinas Benekasa tidak masuk dalam zona merah, makanya pengungsi berkeinginan kembali ke kampung halaman. 
 
“Wilayah kami katanya tidak masuk dalam KRB, diimbau untuk kembali,” tandas Ketut Ari Wijaya. 
 
Salah seorang pengungsi Nyoman Kawia mengaku ia pulang ingin melihat dua ekor sapi miliknya. 
 
“Sudah dua minggu saya tinggal, selama ini kadang kadang ipar yang carikan pakannya,” ujarnya. 
 
Kedatangan warga di kampung halamannya disambut oleh Camat Selat Nengah Danu, Kapolsek Selat Made Sudartawan dan Sekdes Muncan. Sebelum meninggalkan warga pengungsi, Wabup Made Kasta menyarankan warga agar tenang dan kembali beraktifitas seperti biasa. 
 
“Jangan beranggapan dipulangkan, tapi karena wilayah disini masuk radius aman. Tapi jika suatu saat, keadaan memaksa dan harus mengungsi, kami Klungkung siap menampung lagi,” ujar Made Kasta. 
 
Sejumlah pegungsi pun menyampaikan ucapan terima kasih karena selama ini mereka dilayani dengan sepenuh hati di Klungkung. [wan/wrt]


Jumat, 06 Oktober 2017 | 14:00 WITA


TAGS: pengungsi gunung agung



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: