Ini Kronologi Penangkapan Bule Narkoba

Kamis, 12 Oktober 2017 | 09:00 WITA

Ini Kronologi Penangkapan Bule Narkoba

Beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Joshua James Baker, warga Negara Australia yang kabur dari kamar mandi Rumah Sakit Bhayangkara Trijata Polda Bali, Selasa (10/10), mengaku sempat kelaparan selama melarikan diri. Bahkan, Joshua sendiri ditangkap Tim Opsnal Resnarkoba Polda Bali, sekitar pukul 14.20 wita, saat hendak mencari makan dan minum di Hotel LV8 Canggu Kuta Utara, Badung.

Menurut Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Bali AKBP Sudjarwoko, Joshua James Baker merupakan tangkapan Bea Cukai dalam kasus kepemilikan ganja seberat 28,02 gram dan 37 butir obat penenang atau diazpam. Saat ini, Joshua yang ditangkap di Bandara Ngurah Rai, Kuta, Senin (9/10) saat mendarat dari Thailand itu masih berstatus saksi.

Setelah ditangkap, pria berkebangsaan Australia itu kemudian dilimpahkan ke Ditresnarkoba Polda Bali, sekaligus dilakukan observasi kesehatan secara medis di Rumah Sakit Bhayangkara. “Saat berada di rumah sakit, Joshua dikawal oleh dua orang polisi,” beber mantan Kapolres Jombang Jawa Timur itu.

Dalam pengawalan, Joshua minta izin untuk ke kamar mandi, sementara dua petugas yang mengawal menonton TV. Namun, 20 menit tidak keluar dari kamar mandi, dua petugas tersebut curiga. Akhirnya petugas menggedor dan mendobrak pintu kamar mandi. Ternyata Joshua tidak ada disana, dan kabur membobol kaca nako kamar mandi. “Bule tersebut kabur lewat ventilasi, kaca nakonya dicopot,” bebernya.

Setelah lari dari rumah sakit, Joshua mampir ke sebuah minimarket dekat RS Trijata. Bahkan, dia meminjam HP untuk memesan gojek menuju Canggu, untuk meminjam uang kepada temannya, bule Inggris. “Dia berkeliling di Canggu dengan motor sewaan. Selanjutnya dari Canggu, dia ke Nusa Dua dengan menumpang taksi. Tak lama dia kembali ke Canggu,” tegasnya.

Tim Opsnal Narkoba Polda Bali kemudian menyebarkan poto Joshua ke sejumlah tempat keramaian, seperti toko, kafe, hotel dan restoran yang khusus didatangi warga Negara asing. Penyebaran foto tersebut cukup ampuh menangkap Joshua.

Sekitar pukul 14.20 Wita, karyawan menghubungi polisi bahwa melihat Joshua sedang makan di Hotel LV8, Canggu Kuta Utara. “Dia tidak menginap di Hotel, tapi sedang mencari makan dan minum. Jadi, kami minta tolong kepada karyawan hotel untuk diajak ngobrol mengulur waktu dan kemudian kami tangkap,” sebutnya.

Setelah diinterograsi, Joshua mengaku nekat kabur dari RS Trijata Polda Bali karena stress. "Dia stress, katanya datang di Bali untuk liburan tapi malah masuk penjara. Itu pengakuan yang wajar dan manusiawi," tandasnya. [jim/wrt]


Kamis, 12 Oktober 2017 | 09:00 WITA


TAGS: Bule narkoba



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1569