2 Juta Pelaku UKM di Indonesia Pasarkan Produk via Online

Sabtu, 14 Oktober 2017 | 14:00 WITA

2 Juta Pelaku UKM di Indonesia Pasarkan Produk via Online

Beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Gianyar. Menteri Koperasi dan UKM RI, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Jumat,(12/10) saat ditemui di Celuk, Gianyar menyampaikan sampai saat ini pelaku UKM telah memanfaatkan IT  dalam memasarkan produk yang telah dihasilkan. Semua itu dilakukan, karena agar produk semakin dikenal konsumen baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Dua tahun yang lalu, 200 ribu pelaku UKM di Indonesia telah memanfaatkan pejualan produk kerajinannya melalui media Online. Akan tetapi, saat ini hampir  sudah mencapai 2 juta pelaku UKM di Indonesia telah memanfaatkan penjualan di media Online," katanya.

Menurutnya, itu artinya para pelaku UKM sudah sangat sadar betul. Dengan tanpa memasarkan melalui media Online tentu produk serta usaha yang dimiliki akan semakin mundur juga.

"Jika tidak mengikuti teknologi di era saat ini. Tentu akan semakin ketingalan, baik dari kemajuan usaha maupun dari pemasaran produk  ke para konsumen," ujarnya.

Dilanjutkan, di Kementerian juga telah membangun kampung digital. Hal tersebut dilakukan, karena para pelaku UKM disana dilatih terkait dengan strategi pemasaran melalui media digital.

"Kami juga di Kementerian telah membuat banyak kampung-kampung digital melakukan kerjasama dengan Telkom terkait dengan melakukan pelatihan-pelatihan. Terutamanya, mengenai bagaimana cara para pengerajin mampu menjual produk melalui media Online secara benar dan tepat," cetusnya.

Dia mengakui, memang sampai saat ini masih ada kendala-kendala teknis yang dihadapi pelaku UKM di Indonesia. Akan tetapi, meskipun demikian terkait dengan hal tersebut Kementerian Koperasi dan UKM RI. Terus memberikan pelatihan-pelatihan agar pelaku UKM lebih tertarik dan lebih mengenal lagi bagaimana berpromosi melalui media On Line di era digital seperti yang terjadi saat ini. [bb/aga]


Sabtu, 14 Oktober 2017 | 14:00 WITA


TAGS: Ukm online



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR BALI 2018-2023
    • I Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta
    • Total responden sampai saat ini: 812