Gunung Agung Siaga, Rai Mantra Data Ulang Pengungsi

Selasa, 31 Oktober 2017 | 06:05 WITA

Gunung Agung Siaga, Rai Mantra Data Ulang Pengungsi

beritabalicom/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Gunung Agung saat ini telah mengalami penurunan status dari awas menjadi status Siaga. Terkait hal ini, Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra, Senin (30/10) melakukan kunjungan ke tiga lokasi posko pengungsian.
 
Dalam kunjungan awal, Walikota Rai Mantra didampingi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mengunjungi Posko Kesambi Kesiman. Di Posko Kesambi terdapat 64 warga Kawasan Rawan Bencana Gunung Agung yang memilih pulang untuk melakukan persembahyangan terkait Hari Suci Galungan. 
 
Kunjungan kedua Walikota Rai Mantra menuju Posko Danau Tempe. Tampak warga KRB di posko setempat masih melakukan aktivitas seperti biasa, membuat anyaman dan memasak bersama. 
 
Akhir kunjungan Walikota Rai Mantra menuju Posko Gurita Sesetan.Tampak warga KRB sedang sibuk melakukan persiapan Galungan seperti membuat kerajinan, katik sate, dan memotong babi bersama relawan setempat. 
 
Walikota Rai Mantra mengatakan usai Hari Suci Galungan akan segera melakukan pembicaraan dan koordinasi bersama para pengungsi di Posko-posko yang ada. Namun sebelumnya ia telah melakukan koordinasi bersama OPD terkait untuk melakukan langkah-langkah pendataan terkait dengan turunnya status Gunung Agung. 
 
Seperti di Posko Kesambi banyak dari warga Desa Ban dan Desa Sebudi yang menjadi salah satu kawasan rawan KRB. 
 
"Belum mendata jumlah pasti, namun beberapa warga sudah ada yang memilih pulang untuk Hari Suci Galungan dan juga terkait status penurunan KRB Gunung Agung," ujar Rai Mantra. 
 
Disamping itu juga pembahasan pendidikan anak-anak terkait ulangan semester yang akan segera dilaksanakan sudah dilakukan koordinasi yang nanti dapat secara bersama-sama memberikan fasilitas kepada siswa sekolah. 
 
Koordinasi memberikan fasilitas pemulangan warga KRB juga telah dilakukan setiap posko yang nantinya akan dilakukan pengumpulan di salah satu tempat dan pulang bersama-sama ke Karangasem.[bbn/rls/psk]


Selasa, 31 Oktober 2017 | 06:05 WITA


TAGS: rai mantra pengungsi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: