Denpasar Luncurkan Buku Ilmiah Jejak Peneliti, Himpun Hasil Penelitian Siswa SMP dan SMA

Jumat, 24 November 2017 | 15:00 WITA

Denpasar Luncurkan Buku Ilmiah Jejak Peneliti, Himpun Hasil Penelitian Siswa SMP dan SMA

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Pemerintah Denpasar meluncurkan buku ilmiah jejak peneliti sebagai apresiasi pada puluhan siswa yang berprestasi di bidang penelitian ilmiah dan telah mampu mengahrumkan nama Bali dan Indonesia ditingkat Internasional. 
 
Buku ini diluncurkan langsung Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra, Kamis (23/11) di Rumah Pintar Denpasar. 
 
Hadir langsung dalam peluncuran tersebut para siswa SMP dan SMA yang telah melakukan penelitian dan meraih medali Emas, Perak hingga Perunggu di ajang Internasional. Para siswa kembali melakukan presentasi karya penelitian dihadapan Walikota Rai Mantra dan undangan yang dihadiri dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Denpasar, serta Badan Ekonomi Kreatif Denpasar. 
 
Salah satu penelitian kalsium cangkang telur dan selulosa natadekoko menjadi tulang imitasi yang dipresentasikan Siti Nurmala Sari siswa SMA N 3 Denpasar mendapatkan medali perunggu di Polandia pada 22-23 Juni 2017. 
 
“Penelitian kami ini telah diuji pengembangan tebal, uji thermal seberapa bisa bertahan tulang imitasi ini disuhu yang sangat tinggi dan juga telah uji SEM untuk mengetahui kwalitas tulang," ujarnya.  
 
Presentasi hasil penelitian juga disampaikan Komang Bagus Katyayana Bharata siswa SMAN 4 Denpasar yang meneliti penyerapan logam dari biji salak meraih medali Emas di Canada dan Perunggu di India. Penelitian penghangat kotak makanan dan mampu mengukur kadar gula makanan oleh I Gede Arjun Mulia Mahardika SMA N 6 Denpasar berhasil meraih medali Perak di India. 
 
Pendapatan pedagang nasi jingo di Kota Denpasar diteliti Ni Made Dian Savitri Dharmayanti SMA N 2 Denpasar berhasil meraih medali perak di Seoul South Korea. Serta salah satu siswa SMP N 3 Denpasar Ni Made Galuh Cakrawati mempresentasikan hasil penelitian sampah daun ketapang dan jerami padi dapat menjadi rompi antipeluru dan berhasil meraih medali perak di ajang Japan Design International Expo 2017 di Jepang.
 
Sementara Walikota Rai Mantra mengapresiasi hasil karya penelitian siswa SMP dan SMA Denpasar. Keberadaan Rumah Pintar diharapkan dapat dijadikan Co Working Space atau sebagai tempat kerja bersama antar peneliti-peneliti muda. 
 
"Pencapaian siswa sekolah dalam karya penelitian dan berhasil meraih medali tingkat Internasional menjadi kebanggan dan tidak disangka seluruh masyarakat. Sehingga dari perolehan ini pihaknya terus membangun program kebermanfaatan bagi masyarakat," sebutnya. [rls/dps/wrt]


Jumat, 24 November 2017 | 15:00 WITA


TAGS: peneliti smp sma denpasar



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: