Gunung Agung Erupsi, Klungkung Antisipasi Krisis Air Bersih

Senin, 27 November 2017 | 16:00 WITA

Gunung Agung Erupsi, Klungkung Antisipasi Krisis Air Bersih

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Klungkung. Dalam mengantisipasi apabila terjadinya krisis air bersih di masyarakat wilayah perkotaan di Kabupaten Klungkung akibat terjadinya Erupsi pada Gunung Agung, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta segera memanggil Direktur PDAM Kabupaten Klungkung I Nyoman Renin. 
 
Direktur PDAM Klungkung I Nyoman Renin melaporkan bahwa di Kabupaten Klungkung sudah ada 4 sumur bor yang tersebar di Kabupaten Klungkung yakni, Kentel Gumi, Koripan, Akah, dan Lapangan Puputan. Pihak PDAM sedang bekerja membuatkan saluran air bersih cadangan. 
 
Direktur PDAM Klungkung I Nyoman Renin mengatakan pihaknya akan mulai membagi-bagikan air bersih ke masyarakat di wilayah perkotaan Klungkung dengan menggunakan sistem bergilir.
 
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengimbau Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Klungkung supaya sumur bor yang sudah ada di Kabupaten Klungkung segera difungsikan, baik melalui dana APBD maupun APBN.  
 
"Untuk mengantisipasi pipa jaringan air PDAM yang terdapat di aliran sungai jalur erupsi Gunung Agung terputus akibat Bencana Alam Gunung Agung, dimana hal ini menyebabkan pendistribusian jaringan Air Bersih menuju Kabupaten Klungkung akan mengalami gangguan," katanya. 
 
Bupati Suwirta sudah mulai melakukan antisipasi mengenai hal tersebut, yakni dengan menginstruksikan kepada pihak  PDAM dan Dinas terkait untuk sesegera mungkin membuat jaringan pendistribusian air bersih alternatif sebagai pengganti pendistribusian jaringan saluran air bersih yang akan terputus serta mengoptimalkan sumur bor yang sudah ada.
 
Bupati Suwirta mengimbau kepada seluruh masyarakat menyiapkan tempat penampungan air sementara untuk menampung air pada saat jam-jam tertentu. 
 
Sementara, debit air yang tersedia saat ini 120 Liter/detik (l/s), sedangkan kapasitas sumur bor yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Klungkung memiliki kapasitas air bersih Akah 20 l/s, Balai Budaya 10 l/s, Kentel Gumi 5 l/s, Koripan 5 l/s. 
 
Bupati Suwirta berharap kepada masyarakat perkotaan di wilayah Kabupaten Klungkung segera melaksanakan imbauan yang sudah diberikan. [rls/klk/wrt]


Senin, 27 November 2017 | 16:00 WITA


TAGS: air bersih klungkung



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: