Antisipasi Dampak Erupsi, Mabes Polri Kirim 2 Kapal Patroli

Selasa, 05 Desember 2017 | 11:00 WITA

Antisipasi Dampak Erupsi, Mabes Polri Kirim 2 Kapal Patroli

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Dampak erupsi Gunung Agung di Karangasem terus diantisipasi jajaran kepolisian. Perkembangan terbaru, Mabes Polri mengirimkan bantuan dua kapal patroli “Abimanyu” dan “Cucak Rawa” kepada jajaran Polda Bali, yang sedianya diperuntukkan membackup jalur laut, akibat terputusnya jalur darat dari dampak erupsi Gunung Agung. 
 
Hal itu disampaikan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose di sela-sela HUT Polairud ke 67, di Sanur, kemarin (4/12). Dia menegaskan dua kapal patroli didatangkan dari Surabaya, Jawa Timur dan Labuan Bajo, NTT. 
 
"Saya sudah berkoordinasi dengan Kakorpolairud sehingga dikirimkan dari Surabaya dan labuan bajo untuk membackup," tegas Kapolda. 
 
Menurutnya, bila kemungkinan terburuk erupsi Gunung Agung adalah putusnya jalur darat, maka dua kapal patroli itu diharapkan bisa melaksanakan evakuasi. 
 
"Jadi, kedua kapal itu berkapasitas 50 orang ini sewaktu-waktu apabila jalur darat terputus ini misalnya tapi sepertinya tidak akan terjadi," ungkap jenderal bintang dua dipundak itu. 
 
Kapolda asal Manado Sulawesi Utara itu berharap tidak terjadi adanya erupsi gunung agung, meskipun begitu pihaknya sudah bekerja sama dengan TNI, Basarnas serta stakeholder lain dalam membackup penanganan dan pengamanan. 
 
"Kami sudah siap membackup dan menolong masyarakat. Kita mengikuti arahan presiden untuk zero insiden," tegasnya.
 
Kapolda kembali menegaskan, pihaknya sudah bersiaga di wilayah KRB 3 dan KRB 2. Ia juga mengakui pihaknya belum bisa menjaga keseluruhan wilayah sekitar Gunung Agung lantaran luasnya median gunung. 
 
Sehingga pihaknya baru bisa menjaga di titik-titik tertentu. Ditambahkannya pula, sejauh ini kesadaran masyarakat sudah tinggi, namun hanya segelintir orang saja yang masih bertahan dan sejauh ini masih bisa diberikan toleransi. [spy/wrt] 


Selasa, 05 Desember 2017 | 11:00 WITA


TAGS: gunung agung erupsi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: