Tertular Suami, 1.000 Ibu Rumah Tangga di Buleleng Mengidap HIV/AIDS

Rabu, 06 Desember 2017 | 13:40 WITA

Tertular Suami, 1.000 Ibu Rumah Tangga di Buleleng Mengidap HIV/AIDS

bbn/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Buleleng. 1.000 ibu rumah tangga di Buleleng mengidap HIV/AIDS. Sebagian besar akibat tertular suaminya. Sementara anak-anak yang mengidap HIV/AIDS sebanyak 35 anak. 10 anak sudah meninggal dunia.
 
Hal ini diungkapkan konselor VCT Yayasan Citra Usadha Indonesia (YCUI) Buleleng, Ricko Wibawa. Menurutnya, dari data kumulatif yang didapatkan dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, jumlah kasus orang yang terinfeksi virus HIV untuk di Kabupaten Buleleng sejak tahun 1999 yang pertama kali ditemukan hingga bulan oktober 2017 tercatat sebanyak 2.703 kasus. 
 
"Dari data tahun 2014 hingga saat ini yang dicatat, usia produktif atau 19-35 tahun mendominasi orang yang terinfeksi virus HIV di kabupaten Buleleng,"ujarnya.
 
Ia menambahkan, HIV/AIDS masih didominasi laki laki, dengan perbandingan 1.600 berbanding 1.000 orang untuk ibu rumah tangga yang terjangkit HIV.
 
"Rata-rata ibu rumah tangga yang terjangkit HIV tersebut dikarenakan karena tertular suaminya saat berhubungan suami istri. Faktor penularan yang menyebabkan tertularnya virus HIV karena perilaku seksual yang beresiko, baik yang dilakukan di luar pasangannya maupun dengan pasangannya,"ujar Ricko, belum lama ini.
 
Pihak konselor di Buleleng terus melakukan pendampingan kepada orang yang terjangkit virus HIV AIDS termasuk anak-anak yang terjangkit.
 
"Saat ini kami mendampingi 35 orang anak-anak yang terjangkit HIV, dan dari total tersebut hingga saat ini hanya tersisa 25 orang saja, karena yang lainnya sudah terlanjur parah kondisinya saat pendampingan. 10 anak yang terjangkit sudah meninggal dunia karena terlambat pendampingan,"ujarnya.[bbn/wis/psk]


Rabu, 06 Desember 2017 | 13:40 WITA


TAGS: hiv aids buleleng



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR BALI 2018-2023
    • I Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta
    • Total responden sampai saat ini: 811