Hijaukan Bukit Abah, Klungkung Tanam 1.000 Bibit Pohon

Jumat, 15 Desember 2017 | 18:00 WITA

Hijaukan Bukit Abah, Klungkung Tanam 1.000 Bibit Pohon

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Klungkung. Sebanyak 1.000 bibit pohon ditanam di Kawasan Bukit Abah, Desa Besan, Kecamatan Dawan, Klungkung, Jumat (15/12/2017). Kegiatan ini dihadiri Bupati Klungkung Nyoman Suwirta bersama Ny Ayu Suwirta dan Wakil Bupati Klungkung Made Kasta bersama Ny Sri Kasta serta TNI Polri, kalangan pelajar dan masyarakat setempat.
 
Bupati Klungkung Nyoman Suwirta sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, di mana kawasan bukit seperti Bukit Abah sangat rentan akan bencana tanah longsor. Bahkan setiap tahun pasti ada saja titik-titik yang mengalami longsor sehingga sangat membahayakan.
 
“Kita tidak hanya sekedar menanam saja, tapi yang terpenting adalah tindaklanjut setelah menanam terutama pemeliharaan yang harus melibatkan masyarakat setempat, apalagi yang ditanam adalah pohon produktif sudah barang tentu masyarakat akan mememlihara dengan aik untuk mendapatkan hasilnya yang baik dua hingga tiga tahun ke depan,” jelas Bupati Suwirta.
 
Selain itu, Bupati Suwirta menambahkan secara umum Klungkung  memiliki tingkat kerawanan bencana  yang tinggi, baik itu gempa bumi, tanah longsor, tsunami maupun angin putting beliung. Menyikapi hal tersebut, Bupati berharap agar nantinya setelah penanaman pohon ini bisa dirawat dan dijaga dengan sebaik-baiknya. “Pelihara dan jaga pohon ini dengan baik, sehingga nanti bisa tumbuh dan memberikan manfaat,” harapnya.
 
Eksekutif Direktur Yayasan IDEP Selaras Alam Adi  Andriawan mengatakan Kegiatan Penanaman Pohon ini diselenggarakan oleh Yayasan IDEP Selaras Alam dan PT. HM Sampoerna Tbk, dimana kegiatan ini  merupakan salah satu Program Bulan Menanam Pohon Nasional sesuai dengan keputusan Presiden No. 24 Tahun 2008.
 
Secara umum program ini memfasilitasi akses masyarakat terhadap air, sanitasi, kesehatan dan pendidikan untuk meningkatkan kualitas hidup sekaligus mengurangi resiko bencana. Seribu bibit pohon tersebut terdiri dari bibit durian, rambutan, cempaka masing-masing 100 bibit pohon serta bibit mahoni dan sengon sebanyak 700 bibit. Pohon yang ditanam ini tidak hanya memberikan manfaat lingkungan namun juga manfaat untuk masyarakat. [bbn/klk/wrt]


Jumat, 15 Desember 2017 | 18:00 WITA


TAGS: tanam pohon klungkung



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: