Ada 3 Lempeng Bumi, Buleleng Rawan Gempa dan Tsunami

Selasa, 19 Desember 2017 | 16:30 WITA

Ada 3 Lempeng Bumi, Buleleng Rawan Gempa dan Tsunami

beritabalicom

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Buleleng. Wilayah Kabupaten Buleleng berada di atas tiga lempeng bumi. Dengan kondisi ini, Kabupaten Buleleng memiliki potensi terjadinya pergeseran lempeng, yang mengakibatkan bencana gempa dan juga tsunami.
 
Untuk mengantisipasi hal itu, BPBD Kabupaten Buleleng menggelar kontingensi bencana, berupa simulasi untuk kesiapsiagaan didalam menghadapi bencana gempa bumi dan juga tsunami.
 
Simulasi tersebut dipusatkan di lapangan Seririt Buleleng, Selasa siang (19/12). 
 
"Simulasi digelar karena Buleleng memiliki tiga lempeng bumi (kerak bumi) yakni di wilayah Banyuwedang Kecamatan Gerokgak, di Pengastulan Kecamatan Seririt, serta di Tejakula Kecamatan Tejakula. Sewaktu-waktu dapat terjadi pergeseran pada lempeng bumi tersebut, yang dapat berdampak pada terjadinya gempa bumi yang cukup besar dengan berpotensi tsunami,"jelas Made Subur, Kepala BPBD Buleleng.
 
Simulasi dilakukan karena beberapa waktu lalu di wilayah Jawa Barat terjadi pergeseran lempeng atau kerak bumi yang mengakibatkan terjadinya gempa cukup keras.
 
"Karena lempeng bumi di wilayah lain sudah mulai ada yang bergeser, maka lempeng bumi di wilayah lainnya kemungkinan akan ikut mengalami pergeseran,"ujarnya.[bbn/wis/psk]


Selasa, 19 Desember 2017 | 16:30 WITA


TAGS: buleleng gempa bencana



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR BALI 2018-2023
    • I Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta
    • Total responden sampai saat ini: 812