Ribuan Seniman Baleganjur Akan Meriahkan Deklarasi Paket AMAN di Gianyar

Minggu, 31 Desember 2017 | 13:20 WITA

Ribuan Seniman Baleganjur Akan Meriahkan Deklarasi Paket AMAN di Gianyar

beritabalicom

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Gianyar. Ribuan seniman baleganjur akan memeriahkan kegiatan deklarasi paket Koster Bali Satu (KBS) – Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace serta pasangan Agus Mahayasrtra- Anak Agung Mayun (AMAN) di Lapangan Astina, Gianyar pada tanggal 8 Januari 2018 mendatang.
 
Ketua DPC PDIP Gianyar, I Made Agus Mahayastra, sekaligus calon Bupati dari PDIP berpasangan dengan Agung Mayun ini mengatakan, akan ada sebanyak 280 sekeha (kelompok) baleganjur yang akan dikerahkan dalam deklarasi sekaligus pendaftaran paket AMAN ke KPU Gianyar. 
 
"Sudah ada 280 sekeha baleganjur yang menyatakan kesiapannya, mungkin jumlahnya akan bertambah lagi. Dari 280 sekeha baleganjur itu, nanti akan ada ribuan seniman dari seluruh kecamatan yang ikut berpartisipasi. Jika ditambah dengan warga, dipastikan akan ada puluhan ribu warga dan seniman yang akan hadir dalam acara deklarasi ini," ujar Agus.
 
Agus Mahayastra menyatakan, kegiatan deklarasi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar ini, kemungkinan akan menjadi parade baleganjur terbesar yang pernah terjadi di Bali hingga saat ini. 
 
“Bisa jadi ini akan jadi aksi parade baleganjur terbesar, terutapa terkait hajatan politik seperti pilkada Gianyar ini. Setelah deklarasi, kami akan lanjut dengan mendaftar ke KPU Gianyar,” katanya.
 
Yan Tu Prabawa, arsitek dan koordinator kegiatan parade ribuan seniman baleganjur ini, ketika diwawancarai usai pertemuan dengan seniman Beleganjur di Sekretariat DPC PDIP Gianyar, Sabtu (30/12) mengatakan, parade ribuan seniman baleganjur dalam deklarasi paket AMAN ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran politik lewat seni budaya.
 
”Saya akan mencoba mengilustrasikan kegiatan pada tanggal 8 Januari 2018 terkait deklarai pasasangan KBS -Ace untuk Pilgub Bali dan pasangan AMAN untuk pilkada Gianyar. Kami sepakat komunitas seniman Gianyar serta potensi masyarakat, untuk memberikan suatu apresiasi pada pasangan ini, kami terketuk agar tetap bisa menjaga nilai-nilai  warisan budaya Gianyar," ujarnya.
 
Prabawa mengatakan akan menata parade budaya ini menjadi parade budaya yang damai agar bisa menyentuh hati masyarakat. Sehingga proses pembelajaran politik ini nuansanya identik dengan seni dan budaya.
 
"Selama parade budaya, kita juga harus menjaga kenyamanan dan harmonisasi di Gianyar, kita siapkan titik masuk dan keluar tim tim baleganjur di seluruh kecamatan, sehingga titik temunya di lapangan Astina Gianyar, juga di depan Puri Gianyar, dan catus pata Taman Kota. Sehingga semua terkondisikan dan terorganisir rapi. Intinya kita ingin lebih banyak tonjolkan seninya, dan menghilangkan kesan "show of force", ini murni massanya adalah seniman,” ujarnya.[bbn/psk]
 


Minggu, 31 Desember 2017 | 13:20 WITA


TAGS: agus pilkada gianyar



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: