Jembrana Launching Program Kelurahan Bersih dan Sehat

Selasa, 02 Januari 2018 | 17:00 WITA

Jembrana Launching Program Kelurahan Bersih dan Sehat

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Jembrana. Program Kelurahan Bersih dan Sehat di Jembrana dilaunching pada Sabtu (30/12) di Lingkungan Kebon Kelurahan Baler Bale Agung. 
 
Peluncuran dilakukan oleh Bupati Jembrana I Putu Artha dengan pembukaan tirai dan pemukulan gong. Turut hadir, Wabup Made Kembang Hartawan, Ketua DPRD Ketut Sugiasa dan anggota DPRD, Camat Negara Agus Adinata, Lurah BB Agung Putu Nova Noviana dan ratusan warga Kelurahan Baler Bale Agung.
 
Lurah BB Agung Putu Nova Noviana penggagas program, dalam laporannya mengatakan Program Kelurahan Bersih dan Sehat merupakan salah satu program untuk mewujudkan Kelurahan BB Agung yang bersih dan sehat. 
 
Ada 4 pola yang dilakukan dalam program tersebut yaitu memilah sampah rumah tangga, menanam dan menghijaukan di telajakan gang – gang, penyosialisasian dan pengembangan pola hidup bersih dan sehat, lingkungan layak anak. 
 
“Beberapa waktu lalu kita meraih juara pertama dalam lomba kelurahan layak anak,” ujar Nova.
 
Bupati Artha pada kesempatan tersebut mengimbau agar program ini tidak hanya sebatas seremonial saja, namun bisa di tularkan di luar lingkungan kebon. Artha meminta agar kebersihan dan keasrian di lingkungan kebon ini tetap di pertahankan. 
 
“Semoga seluruh kelurahan dan desa  bisa meniru program yang sangat positif ini. Daerah Pendem dan BB Agung dijadikan pilot project agar bisa ditiru kelurahan dan desa lainnya. Kita fokuskan terlebih dahulu yang di kota Negara,”kata Artha.
 
Artha mengatakan Pemkab fasilitas yang diperlukan kelurahan dan desa untuk menjaga lingkungan seperti motor pengangkut sampah, komposter dan lain sebagainya bisa dimohonkan ke Kabupaten. 
 
“Tentunya yang terpenting adalah peran masyarakat seperti ibu - ibu PKK, dasa wisma, sekaa teruna teruni untuk ikut menjaga lingkungan. Jangan sampai setelah acara ini selesai, tanaman hias yang ada malah tidak dirawa,t” imbuhnya.
 
Selain meresmikan Program Kelurahan Bersih Dan Sehat juga dilakukan oleh Bupati Artha penyerahan satu unit motor pengangkut sampah roda tiga yang diterima oleh  kelompok anggrek lingkungan kebon, dua komposter dan tanaman hias yang masing - masing di terima 2 kelompok bank sampah dan kelompok tajung sari di lingkungan anyarsari. 
 
Uniknya dalam acara tersebut warga berjejer di sepanjang gang menyajikan makanan dan minuman khas bali yang dinikmati seluruh undangan. [jim/wrt]


Selasa, 02 Januari 2018 | 17:00 WITA


TAGS: jembrana keluruhan bersih



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: