Rumah, Pelinggih, Hingga Kandang Babi Terkena Longsor di Pupuan

Minggu, 07 Januari 2018 | 20:10 WITA

Rumah, Pelinggih, Hingga Kandang Babi Terkena Longsor di Pupuan

beritabalicom

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

BeritaBali.com, Tabanan. Tanah longsor yang terjadi di Banjar Asah Tegeh, Desa Karyasari, Kecamatan Pupuan, Tabanan Sabtu malam ( 6/1/2018) mengakibatkan sejumlah bangunan rusak, termasuk  13 kandang babi yang berisi puluhan ternak babi ikut tertimbun longsor.
 
Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan tanah sawah milik I Nengah Wiliana di Banjar Asah Tegeh, Desa Karyasari lebar 60 meter dan panjang 200 meter dengan kedalaman 15 meter longsor Sabtu malam ( 6/1/2018) pukul 22.30 Wita.
 
Akibatnya,  rumah milik korban I Nengah Wiliana terkena longsor begitu juga dengan pelinggih kemulan taksu  milik korban  roboh akibat terjangan tanah longsor. Kerugian total  yang diderita Wiliana mencapai Rp 250 juta termasuk kerugian tanah sawahnya longsor.
 
Sementara itu 13 kandang babi yang ikut tertimbun tanah longsor, diantaranya 2 kandang babi milik I Wayan Muliastra  yang berisi 10 ekor babi. Kerugian yang diderita Muliastra Rp 15 Juta. 1 kandang babi milik I Made Nuriata yang berisi 4 ekor babi dengan total kerugian Rp 4 Juta. 1 Kandang babi milik I Nengah Sudiarta yang berisi 4 ekor babi dengan kerugian Rp 4 Juta. 
 
2 Kandang babi milik I Nyoman Depuk yang berisi 12 ekor babi dengan total kerugian Rp 18 juta. 3 Kandang babi milik I Ketut Sudiastra yang berisi 12 ekor babi dengan total kerugian Rp 15 Juta. 1 kandang babi milik I Nengah Subadi yang berisi 3 ekor babi dengan kerugian Rp 3 Juta. 3 kandang babi milik I Nengah Artika yang berisi 10 ekor babi dengan kerugian Rp 10 Juta.
 
Longsor tersebut juga merusak fasilitas umum seperti pelinggih Beji, jembatan dan pelinggih  tugu penunggun karang. Total kerugian yang diakibatkan longsor di Karya Sari mencapai Rp 458 juta.
 
Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Kabupaten Tabanan I Gusti Ngurah Made Sucita langsung meninjau lokasi longsor di Banjar Asah Tegeh, Desa Karya Sari , Kecamatan Pupuan, Tabanan, Minggu pagi ( 7/1/2018). 
 
“Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tanah longsor di Karya Sari Pupuan. Namun material berupa bangunan, jembatan, fasilitas umum dan ternak warga  tertimbun longsor. Jika ditotal mencapai Rp 458 Juta,” tandasnya. [bbn/nod/psk]  


Minggu, 07 Januari 2018 | 20:10 WITA


TAGS: longsor tabanan



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: