Frekwensi Radio Pasebaya Jadi Acuan Aktivitas Warga di Lereng Gunung Agung

Selasa, 09 Januari 2018 | 06:05 WITA

Frekwensi Radio Pasebaya Jadi Acuan Aktivitas Warga di Lereng Gunung Agung

beritabalicom

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Pasebaya kini menjadi salah satu penyaji informasi yang mulai dijadikan sebagai acuan masyarakat lereng Gunung Agung saat melakukan aktivitas sehari - hari.
 
Cukup dengan memonitor frekwensi menggunakan alat komunikasi HT, warga bisa mendengar informasi terkini terkait situasi dan aktivitas Gunung Agung yang dilaporkan oleh para relawan Pasebaya yang tersebar di lingkar lereng Gunung Agung.
 
"Lumayan tidak pakai pulsa, bisa tahu informasi dengan cepat, jadi kalau gawat bisa segera siap-siap," kata Wayan Putra salah satu warga pengguna HT.
 
Cara ini memang cukup efektif dijadikan sebagai media penyebar informasi fakta Gunung Agung yang dilaporkan langsung oleh relawan yang berada di garis depan. Bisa dibayangkan jika setiap kepala keluarga memiliki satu buah HT maka secara langsung akan menjadi pusat informasi yang cepat untuk mengambil langkah seandainya terjadi hal darurat.
 
Sementara itu, Sekretaria Pasebaya, Wayan Suara Arsana mengatakan, pihaknya akan memberikan edukasi pengurangan resiko bencana Pasebaya Agung di 28 Desa terdampak. 
 
Hal ini penting dilakukan terutama untuk keamanan saat berativitas dan bekerja di radius 6 sampai dengan 12 kilometer dari bibir kawah Gunung Agung. Mulai dari himbauan agar warga melengkapi diri dengan APD, salah satunya Radio Komunikasi berupa HT dengan mendengarkan Frekwensi Pasebaya Agung 146.800 MHz, agar bisa mendapat informasi terkini dari para relawan di lapangan, mengingat saat ini status Gunung Agung masih di level 4 atau Awas.[bbn/igs/psk]


Selasa, 09 Januari 2018 | 06:05 WITA


TAGS: gunung agung meletus bali



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: