Pasca Banjir Material Vulkanik, Jalan Tergerus Sedalam Tiga Meter

Selasa, 09 Januari 2018 | 11:10 WITA

Pasca Banjir Material Vulkanik, Jalan Tergerus Sedalam Tiga Meter

beritabalicom

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Pasca terjangan banjir air hujan bercampur material vulkanik, jalan penghubung antara Dusun Geriana Kangin dan Dusun Geriana Kauh, yang berada di Desa Duda Utara, Selat, Karangasem terputus.
 
Berdasarkan pantauan di lokasi, jalan tersebut memang melintas di tengah Tukad Panti. Sebelum adanya peningkatan aktivitas Gunung Agung, Tukad tersebut tidak pernah dialiri air, bahkan sempat difungsikan sebagai jalan untuk menuju ke lokasi galian.
 
Namun setelah terjadi banjir yang lumayan besar selama beberapa kali, Tukad atau sungai tersebut tergerus sedalam kurang lebih 3 meter yang menyebabkan akses jalan terputus. Jalan tersebut menjadi sangat vital, pasalnya menjadi akses terdekat anak-anak untuk pergi bersekolah.
 
Kendati cukup berbahaya, warga berinisiatif membuat jembatan darurat sepanjang kurang lebih 5 meteran yang terbuat dari bambu agar bisa dilalui. Namun tentu jika datang banjir akan sangat berbahaya karena tanah penyangga jembatan sewaktu-waktu bisa tergerus.
 
Melihat kondisi tersebut, masyarakat berharap agar bisa dibisa dibangun jembatan permanen untuk penyeberangan, mengingat peran jalan tersebut sangat penting.
 
Sementara menurut Camat Selat, I Nengah Danu, terkait aspirasi warga tersebut, ia akan mengusulkan agar bisa dibangun jembatan di lokasi tersebut.
 
"Ya kita akan usulkan untuk dibangun jembatan,” ujar Camat Selat Nengah Danu, Senin (08/01).
 
Selain itu, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa juga sempat mengunjungi jalan yang terputus tersebut dan mengatakan memungkinkan untuk membangun jembatan di sana. Namun untuk lebih lanjutnya akan dilakukan kajian terlebih dahulu oleh PU.[bbn/igs/psk]


Selasa, 09 Januari 2018 | 11:10 WITA


TAGS: jalan rusak karangasem



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: