Pemkot Denpasar Sediakan 183 Ribu Vaksin Sebagai Antisipasi Virus JE

Kamis, 01 Februari 2018 | 19:25 WITA

Pemkot Denpasar Sediakan 183 Ribu Vaksin Sebagai Antisipasi Virus JE

Beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar menyediakan 183 ribu vaksin sebagai antisipasi penyebaran virus Japanese Encephalitis (JE). Vaksin tersebut rencananya akan digunakan pada gelar vaksinasi JE pada Maret 2018 mendatang. Langkah vaksinasi dilakukan menyusul adanya laporan terkait penyebaran penyakit JE di Bali.

Kadiskes Kota Denpasar, dr. Ni Luh Putu Sri Armini mengungkapkan Japanese Encephalitis merupakan penyakit zoonosa yang dapat menyebabkan terjadinya radang otak pada hewan dan manusia. Penyakit ini bersifat arbovirus karena ditularkan oleh nyamuk, babi, dan atau burung rawa. Manusia sendiri bisa tertular virus JE bila tergigit oleh nyamuk Culex Tritaeniorhynchus yang terinfeksi. Nyamuk golongan Culex ini banyak terdapat di persawahan dan area irigasi dan biasa beraktivitas di malam hari.

“Kejadian penyakit JE pada manusia biasanya meningkat pada musim hujan. Penyakit ini telah menyebar luas di Asia bagian Timur seperti Jepang, Korea, dan juga negara-negara di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia,” papar Sri Armini  saat dikonfirmasi pada Kamis (1/2).

Sri Armini mengakui bahwa vaksinasi pada Maret mendatang akan  menyasar anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun yang dilaksanakan di seluruh PAUD, TK, SD, dan SMP di seluruh wilayah Kota Denpasar.  Sedangkan untuk Posyandu, Banjar, Puskesmas dan Rumah Sakit akan dilaksanakan pada Bulan April. “Bulan maret 2018 kita akan sasar PAUD, TK, SD, dan SMP, dan pada Bulan April kita akan sasar Posyandu, Banjar, Puskesmas dan Rumah Sakit,” ungkap Sri Armini.

Sri Armini juga berharap para steakholder hingga tingkat desa maupun dusun  untuk memberikan sosialisasi terkait dengan pelaksanaan vaksinasi JE ini. Selain itu, pihaknya juga turut menghimbau masyarakat untuk berperan aktif untuk ikut serta dalam vaksinasi JE agar tidak terkena virus JE. [bbn/rls/mul]


Kamis, 01 Februari 2018 | 19:25 WITA


TAGS: Vaksinasi JE Denpasar



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: