Manfaatkan Teknologi Guna Permudah Adminitrasi Kependudukan

Duda Timur Luncurkan Aplikasi Smart Desa

Jumat, 02 Februari 2018 | 09:50 WITA

Duda Timur Luncurkan Aplikasi Smart Desa

Beritabali.com/igs

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Desa Duda Timur, Selat, Karangasem meluncurkan aplikasi Smart Desa sebagai upaya mempermudah adminitrasi kependudukan. Peluncuran aplikasi Smart Desa merupakan bentuk penerapan teknologi dalam pemerintahan desa untuk memaksimalkan pelayanan kepada warga desa.

Kepala Desa Duda Timur I Gede Pawana pada keteranganya (1/2) mengungkapkan Smart Desa dirancang untuk memudahkan berbagai kepentingan warga diantaranya pengurusan surat - surat, pelaporan kejadian dan data kependudukan.

Aplikasi Smart Desa juga dilengkapi  data tingkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa. Sebagai contoh, jika klik fitur data warga, maka akan muncul tiga klasifikasi warna yakni warna merah, ungu dan warna hijau. Warna merah menandakan warga tersebut dalam kondisi perekonomian kurang mampu. Warna ungu sebagai tanda warga dengan kodisi perekonomian sedang dan warna hijau untuk klasifikasi warga yang perekonomiannya mapan.  "Ya selain data perekonomian juga lengkap bisa diketahui sampai KK-nya," ungkap Pawana.

Berbagai fitur lainnya juga terdapat dalam aplikasi tersebut seperti profil desa, potensi desa, berbagai info tentang segala hal yang ada di desa dan pelaporan. Jika ada sesuatu seperti mati listrik atau kejadian kriminal lainnya bisa dengan cepat dilaporkan melalui aplikasi dan langsung terhubung ke instansi terkait yang membidangi masing - masing laporan tersebut.

Pawana mengungkapkan dibutuhkan waktu sekitar 5 bulan untuk mengumpulkan data seperti menentukan titik - titik rumah warga dan memasukkan data dilapangan. Belum lagi, jaringan internet yang kurang stabil juga memnjadi kendala dalam merampungkan seluruh pendataan.[bbn/igs/mul]


Jumat, 02 Februari 2018 | 09:50 WITA


TAGS: Smart Desa Duda Timur Teknologi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: