Bumdesa Diharapkan Mampu Lakukan Pemberdayaan Masyarakat

Selasa, 13 Februari 2018 | 19:00 WITA

Bumdesa Diharapkan Mampu Lakukan Pemberdayaan Masyarakat

Beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) di Kota Denpasar diharapkan mampu melakukan pemberdayaan masyarakat. Keberadaan Bumdesa juga diharapkan mampu membuka peluang dan kesempatan kerja. Harapan tersebut disampaikan Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dalam rilis yang diterima redaksi pada Selasa (13/2/2018)

“Filosofi awal Bumdesa untuk memberikan tambahan peningkatan pendapatan desa, namun  yang lebih utama yakni bagaimana memberdayakan perekonomian masyarakat,” ujar Rai Mantra.

Rai Mantra mengatakan karakteristik Bumdesa di perkotaan seperti Denpasar berbeda dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Bali, yang tak terlepas dari pengelolaan yang masih dilakukan dengan sistem Perbekel. Namun hal ini dapat disesuaikan dengan karakteristik masyarakat perkotaan yang semakin serba cepat dan praktis lewat  pendekatan aplikasi berbasis online. Seperti aplikasi Sikekal yang dimiliki Desa Kesiman Kertalangu  yang dapat diadopsi Bumdes lainnya di Denpasar.

“Apa yang menjadi inovasi dalam pelaksanaan program Bumdesa kedepan jangan sampai mematikan usaha masyarakat yang sudah berjalan. Program kedepan juga harus disinergikan agar masyarakat desa dapat terus berkembang dan maju dalam perekonomiannya,’’ tegas Rai Mantra.

Sementara  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana mengatakan, dari 27 Desa yang ada di Denpasar baru 11 Desa yang memiliki Bumdes. “Semoga Bumdesa ini dapat memberikan sumbangan bagi peningkatan sumber pendapatan asli desa yang memungkinkan desa mampu melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat secara optimal,” papar Alit Wiradana.[bbn/rls/mul] 


Selasa, 13 Februari 2018 | 19:00 WITA


TAGS: Bumdesa Pemberdayaan Denpasar



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: