Sekitar 100 Orang Laksanakan Ritual Mulang Pakelem Sebelum Gunung Agung Erupsi

Selasa, 13 Februari 2018 | 22:00 WITA

Sekitar 100 Orang Laksanakan Ritual Mulang Pakelem Sebelum Gunung  Agung Erupsi

Beritabali.com/BNPB

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Sekitar 100 orang dilaporkan melakukan pendakian dan menggelar ritual Mulang pakelem Karya Tabuh Gentuh Pemijalan sebelum Gunung Agung mengalami erupsi. Para pendaki dari Desa Selat, Karangasem melaksanakan ritual mulang pakelem berupa hewan Kerbau, Kambing dan Angsa. Laporan tersebut disampaikan salah satu pengiring yang juga sebagai pemandu dari relawan Pasebaya I Komang Eka Semara Putra pada Selasa (13/2/2018)

Menurut Eka Semara Putra, seluruh pengiring berangkat sekitar pukul 01.30 Wita. Perjalan menuju puncak sangat berat karena sangat berbeda dari sebelumnya dimana ketebalan abu disepanjang jalur mencapai setinggi lutut orang dewasa. Pendakian semakin sulit dengan turunnya hujan dikawasan puncak kurang lebih selama setengah jam. Sekitar pukul 06.30 wita para pendaki sampai di puncak Gunung Agung.

Diakui Eka Semara Putra bahwa kondisi di puncak Gunung Agung sangat hening tidak ada api atau suara apapun seperti tidak ada tanda tanda erupsi. Hanya saja memang sedikit tercium bau belerang saja. Selang 30 menit, para pendaki langsung bergegas turun. Belum semua sampai di parkir Pura Pasar Agung, tiba-tiba tanpa ada tanda apapun erupsi terjadi.

"Kita saat itu sudah berada diparkir Pura Pasar Agung, tidak ada tanda apapun tiba tiba erupsi, kita panik karena rekan belum semuanya sampai sebagian masih ada di hutan," ungkap Eka Semara Putra.[bbn/igs/mul]


Selasa, 13 Februari 2018 | 22:00 WITA


TAGS: Mulang Pakelem Gunung Agung Erupsi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: